Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Traveling Sendiri

Saat ini traveling merupakan salah satu kata yang sangat popular. Banyak orang yang tiba-tiba melakukan perjalanan liburan. Traveling memang sangat perlu dilakukan. Apalagi buat kamu yang setiap hari sibuk dengan berbagai aktivitas yang memusingkan. Traveling seperti sebuah hadiah untuk diri sendiri. Apalagi saat ini ada banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Entah yang berada diluar negeri atau dalam negeri. Buat kamu yang mengaku seorang traveler sejati, belum lengkap namanya jika belum melakukan traveling sendiri.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan perjalanan wisata sendiri. Tetapi sayangnya masih banyak orang yang takut untuk melakukan perjalanan sendiri. Inilah 9 alasan kenapa kamu harus mencoba melakukan perjalanan traveling sendiri.

9 Alasan untuk Mencoba Melakukan Traveling Sendiri

1. Rencana Perjalanan Lebih Mudah

Ketika kamu melakukan perjalanan sendiri, kamu bisa merencanakan perjalanan yang lebih mudah. Kamu tidak perlu repot-repot memikirkan pendapat dan permintaan orang lain. Kamu bisa membuat rencana sesuai yang kamu inginkan dan kamu bisa bebas pergi kemanapun yang kamu suka. Mau ke pantai, gunung, guling-guling di pasir, snorkeling atau ke tempat berbahaya lainnya. Semua terserang kamu dan sesuai keinginan kamu. Kalau kamu mau merubah rencanapun sangat mudah. Tinggal mengganti tujuan saja, tanpa harus memikirkan perasaan orang lain. Dengan begitu perjalanan kamu akan lebih menyenangkan. Kamu juga tak perlu bingung mau berangkat kapan, karena kamu bisa berangkat kapan saja sesukamu.

2. Tidak Ada Drama

Ketika traveling bareng teman-teman, kemudian munculah drama di perjalanan tersebut. Mungkin hal seperti itu akan terjadi apabila traveling secara berkelompok. Seperti ada teman yang ngambek, teman yang suka marah-marah, teman yang suka mengeluh dan lain sebagainya. Ketika kamu melakukan perjalanan sendiri, kamu tidak akan menemukan hal-hal seperti itu. Tidak akan ada lagi drama di perjalanan traveling kamu, Kamu bisa marah-marah pada diri sendiri, bisa mengeluh dan lainnya. Kamu tidak perlu menjaga perasaan partner perjalananmu, tak perlu mengatur mood tetap baik supaya tidak timbul masalah sepanjang perjalanan. Kamu bisa lebih santai dan menikmati liburan yang mengasyikan.

3. Bisa Menikmati “Me Time”

Kamu tipe orang yang tidak pernah punya waktu buat diri sendiri. Cobalah untuk melakukan perjalanan wisata sendiri. Ketika setiap hari kamu selalu sibuk dengan pekerjaan, kamu pasti butuh waktu untuk sendiri. Waktu untuk sendiri merupakan hal yang sangat penting. Ketika kita sendiri, kita menjadi lebih memahami diri kita sendiri. Kita bisa belajar banyak hal pada saat melakukan perjalanan wisata sendiri. Ini akan membuat diri anda merasa lebih senang dan menghargai diri sendiri. Ketika melakukan perjalanan terkadang kita menemui sesuatu hal yang tidak terduga. Bertemu dengan orang-orang yang memiliki cerita berbeda. Dari situ kita bisa belajar bagaimana cara menikmati hidup, menghargai hidup dan mencintai diri sendiri. Ketika kamu sendiri, waktu untuk merenung dan berbenah diri lebih banyak dibandingkan melakukan perjalanan dengan orang lain.

4. Bertemu Orang Baru

Salah satu alasan melakukan traveling sendiri adalah lebih besar bertemu orang baru. Pada saat kamu melakukan perjalanan dengan teman, pasti kamu akan saling bergantung dengan teman perjalanamu. Tetapi ketika kamu melakukan perjalanan sendiri, kamu harus menjadi seseorang yang lebih berani untuk mengenal orang baru. Seperti bertanya tentang jalan, berbagi cerita ketika di perjalanan dan lain sebagainya. Yang melakukan perjalanan sendri terkadang bukan hanya kamu saja, tetapi ada orang lain yang melakukan perjalanan sendiri juga. Nah kamu bisa berkenalan dengan orang-orang yang melakukan perjalanan sendiri. Jadi bisa menambah teman baru. Kamu bisa berbagi perjalanan, berbagi cerita dan mendapatkan perjalanan yang menyenangkan.

5. Bisa Melakukan Yang Kamu Suka Dan Tidak Kamu Suka

Pada saat kamu melakukan perjalanan wisata sendiri, kamu bisa melakukan berbagai hal yang kamu suka atau tidak kamu suka. Semuanya terserang kamu. Kamu menjadi bos dari perjalananmu. Pada saat kamu melakukan perjalanan wisata bersama orang lain. Kamu tidak bisa melakukan berbagai hal yang kamu suka atau malah hanya bisa ikut sesuatu hal yang tidak kamu suka. Kamu suka bisa menentukan waktu selama apapun. Jika dengan orang lain, kamu harus memperhatikan waktu kamu berwisata karena setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda. Kamu ingin berlama-lama di pantai menikmati laut dan matahari pun bisa, tidak perlu bingung dengan orang lain. Kamu hanya ingin duduk di cafe seharian pun terserah karena tidak ada yang melarang.

6. Membuat Kamu Lebih Berani Dan Mandiri

Buat kamu yang kurang percaya diri dan tidak mandiri, perjalanan wisata sendiri bisa membuat kamu lebih berani dan mandiri. Pada saat kamu pergi traveling sendirian, akan membuat kamu lebih percaya pada diri sendiri. Kalau kamu tidak percaya diri, masih penakut atau tidak mandiri, perjalanan wisatapun akan tidak menyenangkan. Kamu harus berani meminta tolong kepada orang lain. Apalagi kamu pergi ke daerah yang belum kamu ketahui sama sekali. Ketika kamu duduk sendiri di perjalanan, mungkin kamu akan merasa bosan. Jadi kamu harus berani ngajak ngobrol orang lain. Selain itu kamu harus bisa mengatasi rasa takutmu, karena kamu tak akan pernah tahu apa saja yang akan terjadi di perjalanan anda. Mungkin kamu ketemu orang jahat, dipalak preman, bertemu binatang buas dan lainnya.

7. Melatih Kesabaran

Olahraga yoga memang bisa membuat seseorang lebih tenang dan sabar. Tetapi cobalah untuk melakukan perjalanan wisata sendiri. Ini bisa membuat tingkat kesabaran anda lebih tinggi. Pada saat melakukan perjalanan sendiri, kamu pasti akan menemukan berbagai hal yang bikin naik darah. Seperti orang yang tiba-tiba ngambil tempat dudukmu, salah naik angkutan, bertemu calo, tempat yang datangi ternyata tutup atau sedang banyak pengunjung, pelayanan hotel yang tidak mengenakan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ketika melakukan perjalanan sendiri, kamu harus sudah survey sebaik mungkin. Terkadang juga terjadi hal-hal yang tidak terduga. Ini akan membuat anda akan lebih sabar, karena tidak ada orang lain yang bisa kamu ajak marah-marah atau mengeluh.

8. Orang Baik Masih Ada

Orang-orang yang biasa hidup di kota dengan tingkat individual yang tinggi, terkadang sulit untuk menemukan seseorang yang benar tulus. Mereka pasti memiliki tujuanya sendiri-sendiri. Tetapi ketika kamu traveling, semuanya akan berbeda. Apalagi kamu pergi wisata ke daerah-daerah terpencil di Indonesia. Kamu akan menemukan orang-orang baik yang memberikan rasa peduli dengan tulus. Banyak dari mereka yang tulus membantu tanpa mengharap imbalan sama sekali. Kamu bisa bertemu warga lokal. Menanyakan tentang informasi tempat wisata yang belum banyak dikunjungi orang lain, berbagi cerita bersama mereka. Mungkin nanti kamu akan mendapatkan makan atau penginapan gratis. Lumayan bisa menghemat biaya liburan.

9. Kamu Akan Jadi seseorang Yang Baru

Setelah melakukan perjalanan wisata sendiri, kamu akan menjadi seseorang dengan pribadi yang baru. Selama perjalanan, kamu pasti akan menemukan banyak pembelajaran baru, lebih banyak berbicara dengan diri sendiri, merenung atau menemukan cerita baru. Ini akan membuat kamu lebih banyak memahami, menikmati dan mengamati semua hal yang ada di sekitarmu. Jika dulu kamu seseorang yang cuek, kamu menjadi seseorang yang lebih ramah. Yang paling penting kamu bisa menghilangkan semua rasa jenuh dan stress.

Sekali seumur hidup, paling tidak kamu harus melakukan traveling sendiri sekali. Perjalanan wisata sendiri akan memberikan pengalaman yang baru dan lebih menyenangkan. Kamu akan tahu bahwa masih banyak orang yang kurang beruntung daripada kamu. Sedangkan kamu dari dulu hanya bisa mengeluh di social media saja. Dengan perjalanan sendiri kamu akan lebih bisa menghargai hidup, menikmati hidup, mensyukurinya dan lebih bisa mencintai diri sendiri. Jadi angkat ranselmu dan taklukan dunia.

Sumber gambar: https://pixabay.com/en/wanderer-backpack-hike-away-path-455338/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.