Tips Traveling Murah Ke Jepang Ala Backpaker

Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi impian banyak traveler untuk dikunjungi. Terutama buat para pecinta jpop atau anime. Ada banyak sekali tempat wisata menarik di Jepang. Entah itu pada saat musim semi, musim panas, musim gugur atau musim dingin. Terutama pada saat musim semi, pasti banyak sekali wisatawan yang ingin melihat keindahan bunga sakura. Apabila kamu salah satu orang yang bermimpi untuk berlibur ke Jepang, tetapi bingung dengan biaya yang mahal. Sekarang anda tidak perlu khawatir karena saya akan memberikan tips trevling murah ke Jepang. Traveling yang murah tetapi tetap menyenangkan. Mari langsung saja kita bahasa satu persatu dibawah ini.

Hubungi Teman

Jurus jitu liburan murah adalah dengan menghubungi teman. Jika kamu memiliki teman atau saudara yang bekerja atau belajar di Jepang, cobalah untuk menghubungi mereka terlebih dahulu. Siapa tahu mereka akan memberikan penginapan gratis atau ditraktir makanan. Ini akan membuat biaya liburan anda lebih hemat. Bilang saja kamu ingin bersilaturahmi atau main ke tempat dia. Teman atau saudara anda juga bisa menjadi tour guide gratis. Kamu jadi tahu tempat wisata yang menarik, tidak bingung dengan transportasi yang digunakan dan bisa berkomunikasi dengan warga Jepang dengan lebih mudah. Teman anda akan menjadi translator anda, gratis. Lumayan kan semuanya bisa menjadi lebih ngirit.

Cari Promo Pesawat

Carilah promo pesawat, ini cara yang harus kamu lakukan untuk bisa liburan murah ke Jepang. Biasanya biaya pesawat ke Jepang antara 6 juta sampai 8 juta rupiah. Jika promo, harga tersebut bisa berkurang setengahnya. Bahkan kamu bisa mendapatkan harga pulang pergi yang lebih murah. Ketika berwisata ke Jepang, ada tiga bandara yang digunakan untuk masuk wisatawan internasional yaitu bandara Tokyo Haneda, Narita dan Kansai di Osaka. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kamu bisa menuju bandara Itami (ITM) atau bandar udara Osaka. Untuk mendapatkan promo wisata yang murah memang tidak mudah. Kamu harus sering cek-cek tiket pesawat.

Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan liburan jauh-jauh hari. Kalau perlu 6 bulan sebelum melakukan perjalanan kamu sudah mulai mencari tiket yang murah. Terkadang tiket-tiket murah hanya muncul pada saat waktu tertentu saja dan beberapa jam setelahnya langsung kembali ke harga semula. Bisa juga kamu mencari tiket transit. Misalnya dari Jakarta ke Kuala Lumpur dulu, lalu cari tiket Kuala Lumpur  Jepang. Cara ini biasanya lebih murah dibandingkan tiket langsung dari Jakarta.

Datanglah Pada Saat Musim Dingin

Jangan datang ke Jepang pada saat musim semi atau musim panas. Waktu itu menjadi favorit banyak wisatawan. Kamu memang harus sedikit berkorban demi mendapatkan tiket murah ke Jepang. Haru atau musim semi terjadi pada bulan Mei sampai Juni. Natsu atau musim panas terjadi pada bulan Juli sampai September. Pada waktu itu akan banyak sekali wisatawan yang datang ke Jepang. Bahkan orang Jepangnya sendiri banyak yang berlibur. Jadi di semua tempat wisata akan penuh. Memang kamu tidak bisa melihat bunga sakura. Tetapi liburan pada saat musim dingin, bukan berarti kamu tidak bisa melihat tempat yang bagus. Pada saat musim dingin banyak sekali tiket pesawat yang lebih murah. Pada musim dingin kamu bisa melihat gunung Fuji yang diselimuti es dan melihat salju-salju bertebaran dimana-mana.

Penginapan

Penginapan merupakan hal yang sangat penting ketika menentukan liburan murah. Ketika kamu sudah membeli tiket pesawat, kamu juga harus mencari penginapan yang murah. Ada beberapa alternative penginapan yang bisa kamu pilih. Misalnya backpacker hostel. Kamu bisa memilih hostel yang bisa diisi 6 orang. Nanti kamu akan mendapatkan hostel dengan harga sekitar 1.300 yen atau sekitar 160 ribu rupiah. Jika kamu memilih penginapan yang hanya diisi 2 orang, kamu akan mendapatkan harga yang mahal. Cara kedua dengan mencari rumah couchsurfer. Biasanya mereka akan memberikan penginapan gratis. Kalau pun membayar sangat murah sekali. Tetapi kamu harus mencarinya jauh-jauh hari. Cara lain yang bisa kamu juga adalah dengan melakukan urban camping di koen, menginap di tempat umum atau menginap di drom teman. Tetapi ingat tetap jadi traveler yang peduli lingkungan dan kamu juga harus lebih berani.

Transportasi Di Jepang

Pada saat liburan di Jepang tentunya kamu membutuhkan alat transportasi untuk mengunjungi satu tempat atau antar kota di Jepang. Kamu tidak perlu khawatir karena Jepang memiliki system transportasi terbaik di dunia. Jadi ada banyak sekali transportasi umum yang bisa kamu gunakan.

Cara yang paling hemat berkeliling Jepang dengan menggunakan Japan Railway Pass. Jangan naik shinkansen karena harganya sangat mahal. Kamu bisa membeli kartu tanpa batas dengan pilihan selama 7, 14 atau 21 hari. Jika kamu naik kereta dari Tokyo ke Osaka harganya 29.000 yen. Tetapi jika kamu menggunakan JR pass selama 7 hari harganya 29.110 yen. Jadi lebih hemat. Jika kamu hanya berkeliling satu wilayah saja, kamu bisa gunakan regional pass.

Selain menggunakan JR pass, kamu bisa menggunakan tiket terusan harian. Harganya juga lebih murah. Kamu bisa survey transportasi yang ada di Jepang terlebih dahulu, sehingga lebih mudah nantinya. Yang paling penting jangan malas untuk jalan kaki, jika tempatnya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Di Jepang ada banyak sekali orang yang berjalan kaki.

Makanan

Tips traveling murah ke Jepang selanjutnya adalah masalah makanan. Makanan pasti hal yang sangat penting ketika liburan. Sebenarnya makanan di Jepang cukup terjangkau. Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu coba. Pertama membeli makan cepat saji di konbini (convenient store). Di konbini kamu bisa beli salad, onigiri, bento dan lainnya. Semua harganya lebih terjangkau dan disana ada microwave untuk menghangatkan makanan. Kedua makan di kaiten sushi. Ke Jepang belum makan sushi pasti belum lengkap. Kamu bisa mencicipi sushi di kaiten sushi (tempat makan sushi dengan roda yang berjalan) dengan harga 100-300 yen perpirngnya. Makan di street food dan ada beberapa tempat makan murah lainya yang bisa kamu kunjungi.

Belanja

Liburan tanpa belanja pasti ada yang kurang. Apalagi kamu sudah liburan jauh-jauh ke Jepang, Jepang merupakan salah satu surganya belanja, ada banyak sekali toko-toko yang berdiri di Jepang. Dari yang branded sampai barang yang murah. Untuk membeli oleh-oleh murah kamu bisa mengunjungi 100 yen store. Disana semua barang harganya 100 yen. Misalnya di daerah can do, daiso, sil atau seria. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi tempat perbelanjaan seperti matsuya di Ginza atau Isetan di Sshinjukan. Mengunjungi tempat perbelanjaan di pinggir kota juga tidak ada salahnya. Seperti di ito yokado ayau aeon.

Atur Perjalanan Sebaik Mungkin

Kamu harus bisa mengatur dan mengontrol perjalanan sebaik mungkin, negara Jepang terdiri dari dua pulau besar. Jika kamu berambisi untuk menjelajahi kedua pulau tersebut, kamu pasti akan menghabiskan banyak biaya. Jadi kamu harus realistis dengan budget yang kamu punya. Tentukan tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Lakukan survey terlebih dahulu, sehingga semua biaya sesuai dengan anggaran yang kamu punya. Misalnya kamu menyelesaikan semua tempat wisata di pulau Kyushu terlebih dahulu, Baru pergi ke Tokyo atau kamu memilih untuk turun ke Fukuoka dulu. Jadi rencanakan perjalanan sebaik mungkin dan jangan dipaksakan.

Liburan Secara Rombongan

Liburan dengan cara rombongan akan lebih murah dibandingkan liburan sendiri. Kamu bisa menyewa penginapan bareng-bareng di dorm. Biasanya biaya lebih murah dibandingkan kamu harus menyewa satu kamar satu orang. Terkadang juga ada beberapa tempat wisata atau tempat belanja yang menawarkan promo dua orang gratis atau potongan harga. Akan lebih baik jika berlibur dengan orang terdekat. Jadi mudah untuk menentukan berbagai hal. Jika kamu ingin mendapatkan teman baru, bisa mencari paket liburan yang murah. Biasanya ada beberapa agen wisata yang mengadakan promo.

Itulah beberapa tips traveling murah ke Jepang yang bisa kamu lakukan. Yang jelas lakukan survey dan persiapan sebaik mungkin karena kamu berlibur ke negara orang. Jangan lupa untuk selalu membawa passport, peta atau GPS, kamus dan lainnya. Jangan langsung percaya dengan orang karena ada banyak sekali penipuan. Sekarang apakah kamu sudah siap liburan Jepang. Segera buka gadget dan cari promo wisata murah. Selamat liburan.

Sumber gambar: https://pixabay.com/en/tokyo-japan-city-cities-urban-290980/

tips traveling murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.