Menyimak 9 Tips Untuk Traveling Yang Terjangkau

Jika kamu hobi berpergian dan travelling tetapi belum canggih dalam mengatur keuangan, maka kamu harus membaca tips untuk traveling ini. Ya, kami mencoba menghimpun beberapa strategi yang dapat kamu lakukan untuk melakukan traveling dengan biaya yang lebih terjangkau. Sebagaimana kita tahu, traveling merupakan salah satu cara yang mudah dan masuk akal untuk menghilangkan penat dan stress dalam hidup karena urusan kuliah, pekerjaan atau yang lainnya. Nah, apa saja tips traveling murah yang dapat kita lakukan? Mari kita simak 9 tips yang dapat kamu pilih di bawah ini. Tentu, kami berharap bahwa tips yang kami paparkan akan bermanfaat bagi kalian semuanya.

Tips Untuk Traveling Yang Terjangkau

1. Menghubungi teman

Untuk tips pertama, kamu dapat menghubungi teman kamu yang tinggal di tempat yang mau kamu tuju. Misalnya, kamu ingin berwisata di Yogja, nah bisa saja, kamu menghubungi teman kamu yang sudah tinggal di  Yogja. Ini merupakan salah satu trik yang sangat popular dan jitu. Kenapa? Sebab kamu akan mendapatkan banyak keuntungan di sini. Yang pertama, pasti kamu akan mendapatkan penginapan yang gratis, jika kamu mau bertraveling beberapa hari. Selain itu, jika sedang beruntung, kamu juga akan mendapatkan jamuan makan gratis. Kamu dapat bilang bahwa kamu ingin bersilaturahim atau menggunakan modus yang lainnya. Tentu, jangan terlalu sering menggunakan cara ini ya.

2. Memanfaatkan fasilitas umum untuk tidur

Salah satu masalah untuk traveling, terutama jika kita ingin berpergian yang jauh dan beberapa hari adalah tempat tidur. Tentu, kita perlu beristirahat agar liburan kita tetap berkesan. Nah, salah satu cara yang dapat di ambil sebagai satu dari trik dan tips untuk traveling murah adalah tidur di tempat umum. Kedengarannya, ide ini tidak familiar dan kurang beken. Akan tetapi, ini merupakan cara efektif yang dapat menekan pengeluaran kamu. Ada beberapa tempat umum yang dapat menjadi tempat singgah untuk tidur sementara, seperti SPBU, Masjid, terminal dan lain sebagainya. Tentu, penginapan jenis ini jauh dari kata nyaman. Akan tetapi, pasti liburan kamu akan lebih berkesan.

3. Pilih makanan yang murah

Jika kamu ingin hemat dalam traveling, maka kamu tidak perlu gengsi dalam memilih makanan. Sebenarnya, esensi dari makanan adalah sesuatu yang bisa mengenyangkan. Boleh kamu memilih makanan dengan lauk yang spesial dan lain sebagainya, akan tetapi hindari untuk makan di tempat yang mewah dan mahal. Ya, hal ini tentu akan membuat uang sakumu cepat habis. Akan tetapi, tidak masalah jika kamu memiliki uang saku yang lebih. Untuk pilihan makanan yang murah, kamu dapat menikmati makanan khas dari daerah yang kamu tuju, atau memilih beberapa warung makan pinggir jalan seperti warteg, warmindo maupun rumah makan padang.

4. Numpang kendaraan

Ini merupakan salah satu ide yang tergolong sedikit ekstrim. Ya, jika anda mau, anda dapat bertraveling murah dengan cara menumpang kendaraan yang lewat. Ini bukanlah merupakan hal baru dalam dunia traveling murah. Dengan menumpang, tentu saja kamu dapat menekan pengeluaran pada ongkos transportasi. Di sini, kamu dapat menumpang beberapa kendaraan, seperti mobil pribadi, box, truk ataupun yang lainnya. Usahakan kamu bersikap baik dan berpenampilan yang bersih, agar image di mata para supir juga baik. Tentu, di sini anda juga harus berhati-hati dengan segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

5. Memilih transportasi murah

Jika kamu tidak setuju dengan ide menumpang sebagai salah satu tips untuk traveling, maka sebaiknya kamu memilih transportasi yang murah. Hal ini tidak berlaku jika kamu berpergian dengan motor pribadi. Untuk kamu yang ingin menikmati traveling dengan kendaraan umum, maka memilih transportasi murah adalah suatu keharusan. Jenis transportasi yang sering di pilih adalah kereta. Di sini, kamu dapat memilih kereta ekonomi untuk menekan biaya transportasi. Selain kereta, kamu juga dapat memilih bus. Banyak tersedia bus dengan fasilitas berbeda dan rentang harga yang berbeda. Usahakan memilih bus dengan fasilitas yang lumayan dan harga yang relative lebih murah. Kamu dapat mengeceknya di terminal.

6. Mencari penginapan murah

Mungkin kamu bingung karena tidak punya teman untuk di manfaatkan untuk menginap ketika traveling. Hal itu tidak lagi menjadi soal. Sekarang ini, banyak sekali tempat penginapan murah yang dapat kamu pilih. Tentu, pilihan penginapan murah menjadi pilihan yang lebih baik di bandingkan dengan tidur dengan memanfaatkan fasilitas umum seperti poin di atas. Saran dari kami adalah anda dapat bergabung dengan komunitas traveling atau memfollow beberapa fanpage traveling yang tersedia. Tentu, di sana banyak informasi terkait info penginapan murah yang direkomendasikan untuk anda. Anda tidak perlu capek dan repot untuk mencarinya, bukan? Selain itu, kamu juga perlu membandingkan beberapa penginapan yang tersedia.

7. Menghindari hari libur

Memang, traveling biasanya memanfaatkan hari libur sebagai hari yang pas. Akan tetapi, sebaiknya anda memikirkan hari lain selain hari libur nasional untuk berpergian. Hal ini sebenarnya memiliki beberapa manfaat. Ya, hari libur identic dengan ramai dan macet. Seringkali, kamu akan kesusahan untuk mendapatkan angkutan umum yang murah, penginapan yang murah atau tempat rekreasi yang nyaman ketika hari libur karena biasanya kesemuanya telah penuh. Selain penuh, beberapa oknum nakal di tempat wisata juga memberikan harga tiket yang lebih mahal daripada hari biasanya. Pertimbangan semacam ini tentu dapat menjadi pembelajaran bagi kamu dan teman-teman sebelum berangkat untuk menikmati liburan.

8. Survei tujuan

Hal lain yang dapat menjadi salah satu ide dalam tips untuk traveling adalah melakukan survey untuk tujuan wisata. Ini merupakan salah satu hal yang menarik untuk di lakukan. Dengan melakukan sebuah survey, maka kamu dapat mengerti berapa jauh jarak yang harus di tempuh, berapa ongkos transportasi kesana, apa saja objek wisata yang dapat di kunjungi, apa saja makanan khas daerahnya, dan lain sebagainya. Tentu, kini anda tidak perlu ribet karena anda dapat memanfaatkan fasilitas internet. Dengan internet, anda dapat melakukan survey dengan lebih mudah dan efisien. Kamu juga dapat bertanya pada teman yang sudah pernah pergi kesana sebelumnya.

9. Memanfaatkan promo

Ide terakhir yang dapat kamu pilih untuk menikmati traveling yang murah adalah dengan memanfaatkan promo. Biasanya, promo tersedia untuk pembelian tiket transportasi (baca: Beberapa Trik Dan Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo). Tentu, dengan tiket yang lebih murah, maka kamu dapat menekan biaya transportasi normal. Nah, ini merupakan salah satu tips untuk traveling murah yang dapat kamu manfaatkan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai hal ini melalui beberapa situs penyedia layanan liburan dan transportasi. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan promo yang di adakan oleh beberapa agen traveling. Tentu, berwisata dengan promo bersama keluarga akan menjadi pengalaman yang unik dalam hidup anda. Anda harus paham bahwa promo biasanya berbatas dengan waktu.

Nah, dari beberapa pemaparan di atas, ada beberapa tips traveling yang dapat kamu coba untuk menikmati liburan indah dengan biaya yang lebih terjangkau. Tentu saja, ada banyak tips untuk traveling yang lain yang dapat anda temukan. Akan tetapi, tips yang diatas dapat menjadi beberapa pertimbangan untuk kamu dan keluarga. Nah, jangan bosan untuk mencari beberapa informasi menarik terkait traveling, misalnya saja promo yang di adakan oleh pemerintah daerah ataupun pembukaan tempat wisata baru yang tentu memberikan warna baru dalam liburan anda. Semoga beberapa poin di atas dapat membantu kamu semuanya.

Sumber gambar : https://pixabay.com/en/old-retro-antique-vintage-classic-1130743/

tips untuk traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.