Melihat Keindahan Candi Hindu Di Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan komplek candi Hindu yang berlokasi di Klaten Jawa Tengah. Terletak tepat di perbatasan kota Klaten dan kota Yogyakarta. Melihat arsitektur yang megah membuat kita percaya bahwa dulu sudah memiliki peradapan manusia yang maju. Di wisata Candi Prambanan juga terkenal dengan cerita rakyat Roro Jonggrangnya, yang ingin Bandung Bondowoso membuat 1000 candi. Tetapi sebenarnya di Candi Prambanan hanya ada 240 candi saja. Ketika melewati jalan Solo Jogja, anda pasti akan melihat komplek Candi Prambanan ini, karena letaknya memang di pinggir jalan raya Yogja Solo.

Gambaran Umum Candi Prambanan

Komplek Candi Prambanan ini terdiri dari empat pintu masuk. Gerbang utamanya terletak di bagian timur. Candi Prambanan di buat sebagai persembahan dewa Siwa. Dalam ajaran hindu, dewa Siwa dikenal sebagai dewa penghancur. Nama asli dari Candi Prambanan adalah siwagra yang berarti rumah siwa dan berasal dari bahasa sansekerta. Ini jugalah yang menjadi alasan kenapa candi tertinggi dan terbesar di Candi Prambanan di isi oleh patung dewa Siwa. Candi dewa siwa memiliki tinggi 47 meter. Candi dewa Siwa di apit oleh dua candi yang ukurannya lebih kecil. Kedua candi tersebut adalah Candi Dewa Brahma dan Candi Wishnu. Tinggi kedua candi tersebut mencapai 33 meter. Ketiga candi ini dikenal sebagai Candi Trimurti.

Wisata Candi Prambanan

Wisata Candi Prambanan

Di depan candi Trimurti terdapat candi Wahana yang merupakan kendaraan bagi ketiga dewa Trimurti. Candi Wahana Nandi dimiliki dewa Siwa, Candi Garuda dimiliki dewa Brahma dan Candi Angsa dimiliki dewa Wishnu. Selain komplek candi Trimurti dan Wahana, di Candi Prambanan juga terdapat candi lainnya. Ada Candi Apit, Candi Kelir, Candi Perwara dan Candi Patok. Semua candi tersebut berdiri mengelilingi Candi Trimurti. Penempatan keempat candi tersebut dibuat menjadi empat lapis. Hal ini menandakan empat kasta dari manusia dalam ajaran hindu. Lapisan pertama untuk kasta sundra, kasta waisya, kasta ksatrya dan lapisan terakhir kasta brahmana. Di setiap candinya juga terukir relief-relief tentang Rama, Shinta dan Hanoman.

Sejarah Candi Prambanan

Sejarah dari wisata Candi Prambanan ini cukup menarik. Dari cerita rakyat jawa, Candi Prambanan terbentuk karena kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Roro jonggrang seorang putri kerajaan yang sangat cantik. Dia dipuja oleh banyak pemuda di daerahnya, termasuk oleh Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso terkenal sebagai prajurit yang hebat. Walaupun begitu Roro Jonggrang tetap tidak menyukai Bandung Bondowoso. Akhirnya Roro Jonggrang meminta Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 candi dalam semalam. Dengan bantuan jin, Bandung Bondowoso menyanggupi tantangan tersebut.

Bandung Bondowoso mengerahkan semua teman jinnya, sampai akhirnya dia berhasil membuat 999 candi. Mendengar hal itu Roro Jonggrang menjadi panik dan ketakutan. Sampai akhirnya ada ide nakal dari Roro Jonggrang. Dia menumbuk padi supaya ayam-ayam berkokok. Padahal waktu itu belum menunjukkan matahari terbit. Mendengar ayam berkokok, Bandung Bondowoso merasa marah. Apalagi setelah tahu bahwa itu hanya tipuan dari Roro Jonggrang. Karena kemarahannya itu, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi yang ke 1000.

Tetapi itu hanya cerita rakyat yang menyebar di daerah Jawa. Menurut para ahli, Candi Prambanan di bangun sekitar abad ke-9. Bertepatan pada masa kejayaan dinasti Sanjaya. Setelah dibangun Candi Prambanan tidak di urus dengan baik, sehingga banyak kerusakan di beberapa bagian dan sempat tertutup oleh lapisan tanah. Sampai akhirnya pada tahun 1733, Candi Prambanan ditemukan oleh seorang penemu asal Belanda yang bernama CA Lons. Penemuan Candi Prambanan lebih dulu dibandingkan Candi Borobudur. Setelah ditemukan Candi Prambanan mulai dilakukan pemugaran. Pada saat terjadi gempa Yogja, Candi Prambanan sempat ditutup karena ada beberapa bagian yang rusak.

Jam Buka Dan Harga Tiket

Candi Prambanan buka setiap hari dari hari senin sampai minggu. Mulai buka dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Tiket masuknya sama dengan tiket masuk ke Candi Borobudur. Dewasa sekitar Rp 35.000 dan anak-anak Rp.20.000. Untuk weekend dan hari libur harganya bisa naik. Sekitar Rp 45.000. Pada malam hari anda bisa melihat pementasan Sendratari Ramayana. Pementasan ini diadakan di pintu barat Candi Prambanan. Tetapi anda harus membeli tiket pementasan terlebih dahulu. Tiket pementasan dan tiket masuk Candi Prambanan dijual secara terpisah.

Rute Menuju Ke Candi Prambanan

Bagi anda yang ingin berlibur ke Candi Prambanan, tidak perlu bingung masalah transportasi. Ada banyak sekali transportasi yang lewat depan Candi Prambanan. Jika anda menggunakan mobil pribadi dari arah Jogja, langsung saja menuju ke arah jalan Solo Jogja. Sesampainya di pertigaan Prambanan, anda akan langsung melihat Candi Prambanan di kiri jalan. Selain menggunakan mobil pribadi, anda juga bisa menggunakan bus trans Jogja. Naiklah bis trans Jogja 1A jurusan terminal prambanan. Nanti anda akan langsung turun di depan Candi Prambanan.

Jika anda ingin menginap di sekitar Candi Prambanan. Ada banyak sekali penginapan yang bisa anda gunakan. Anda bisa pesan penginapan di agoda.com. Jika anda melakukan wisata Candi Prambanan, jangan lupa untuk mengunjungi Istana Ratu Boko yang masih satu komplek dengan Candi Prambanan. Datanglah ke Candi Prambanan pada pagi hari. Sehingga anda bisa menikmati suasana Candi Prambanan dengan lebih leluasa. Demikian sedikit informasi yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat dan selamat liburan.

Penginapan di Kota Yogyakarta

Silahkan kunjungi link ini, jika ingin mendapatkan informasi mengenai tempat penginapan terbaik di Kota Yogyakarta.

Wisata Candi Prambanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.