Kemegahan Tempat Wisata Istana Ratu Boko Jogja

Di daerah Yogyakarta memang terkenal dengan berbagai macam wisata candi. Jika anda sudah bosan melihat Candi Prambanan atau Candi Borobudur. Cobalah untuk mengunjungi Candi Ratu Boko. Tempat wisata ini letaknya tidak jauh dari Candi Prambanan. Bahkan ada paket wisata ke Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Lokasinya hanya beberapa menit saja dari Candi Prambanan. Berbeda dengan Candi Prambanan, tempat wisata istana Ratu Boko ini seperti memiliki keistimewaan sendiri. Jika anda melihat film AADC 2, mereka juga mengambil lokasi syuting di Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko

Sejarah dari Candi Ratu Boko ini sangat unik. Tempat ini terletak di bukit Boko, hal inilah yang membuat candi ini dinamakan Candi Ratu Boko. Dengan ketinggian 195,75 DPL. Untuk sampai ke atas candi, anda harus melewati beberapa tangga. Memiliki luas sekitar 160.898 m2. Bangunan ini di pakai pada saat pemerintahan Rrakai Pangkaran. Beliau adalah keturunan dari wangsa Syailendra. Dulunya istana ini bernama Abhayagiri vihara atau biara yang berada di atas bukit dan penuh dengan kedamaian. Tempat ini dibangun untuk memfokuskan diri dalam hal spiritual dan untuk menyepi. Dari sini, anda memang bisa melihat pemandangan kota Yogja yang hijau. Apalagi pemandangan pada sore harinya.

tempat wisata istana ratu boko

tempat wisata istana ratu boko

Area istananya dibagi menjadi empat bagian. Ada bagian barat, tengah, timur dan tenggara. Bagian barat terdiri dari perbukitan-perbukitan saja. Bagian tengah terdiri dari lapangan, gapura utama, kolam, candi pembakaran, paseban dan batu berumpak. Bagian timur ada kolam, komplek keputran, stupa budha dan komplek gua. Untuk bagian tenggara, ada balai, pendopo, kolam, 3 candi. Jika anda masuk dari pintu gerbangnya, anda langsung sampai ke bagian tengah. Pertama kali masuk anda akan langsung disuguhkan dengan gapura pertama yang terdiri dari 3 pintu dan gabura kedua yang terdiri dari 5 pintu.

tempat wisata istana ratu boko

tempat wisata istana ratu boko

45 meter dari gapura, anda akan melihat bangunan yang berwarna putih. Bangunan tersebut dinamakan candi batu putih. Di sebelahnya anda candi pembakaran. Candi pembakaran berbentuk bujur sangkar dan digunakan untuk pembakaran jenasah pada waktu itu. 10 meter dari candi pembakaran, anda akan melihat kolam dan batu berumpak. Di tempat wisata istana Ratu Boko ini, terdapat sumur yang menyimpan banyak misteri. Sumur ini bernama amerta mantana yang memiliki arti air suci. Air suci tersebut sudah diberi mantra. Menurut legenda yang beredar. Menggunakan air sumur tersebut bisa menghasilkan keberuntungan. Pada saat hari nyepi, orang hidung menggunakanya dalam upara tawur agung. Yang diadakan satu hari sebelum hari raya nyepi.

Berjalan ke arah timur, anda akan melihat kolam besar, dua buah gua dan stupa budha. Gua tersebut terbentuk dari batuan sedimen. Yang dinamakan dengan breksi pumis. Gua yang bagian atas dinamakan gua lanang dan dibawahnya dinamakan gua wadon. Walaupun didirikan oleh orang Budha. Istana Ratu Boko ini memiliki unsur Hindu nya. Hal ini dapat dilihat dari adanya arca ganesha, lingga dan yoni. Hal ini menggambarkan pada waktu itu, orang Hindu dan Budha saling hidup berdampingan. Walaupun bentuknya kecil, tetapi istana Ratu Boko memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan wisata candi lainnya.

Keindahan Sunset Di Ratu Boko

Candi Ratu Boko, tidak hanya menyimpan sejarah yang unik. Tetapi juga memiliki tempat yang indah. Salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan ketika mengunjungi Candi Ratu Boko adalah melihat keindahan matahari terbenam atau sunsetnya. Candi Ratu Boko menjadi lokasi melihat sunset terindah di Jogja. Pada sore hari ada banyak sekali wisatawan yang sengaja datang ke sini untuk melihat matahari terbenam. Anda bisa melihat langit senja yang berwarna jingga yang menyelinap diatara pintu gerbang candi.

Jam Buka Dan Harga Tiket

Buat anda yang ingin mengunjungi Candi Ratu Boko. Tempat wisata ini buka setiap hari. Buka dari jam 7 pagi sampai 6 sore. Harga tiketnya juga sangat terjangkau. Anda bisa mengambil paket dengan Candi Prambanan atau mengambil tiket terpisah. Tiket untuk dewasa Rp 25.000. Untuk pelajar atau rombongan Rp 10.000. Buat turis asing sebesar 25 USD. Untuk paket Candi Prambanan ke Ratu Boko Rp 25.000. Jika anda hanya ingin menikmati langit senja di Candi Ratu Boko, tiket masuknya sebesar Rp 35.000. Di Ratu Boko juga terdapat tempat pertemuan. Tempat ini bisa digunakan untuk rapat atau acara pernikahan outdoor.

Rute Menuju Ke Candi Ratu Boko

Untuk menuju ke Candi Ratu Boko sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan angkutan umum atau mobil pribadi. Dari kota Jogja, anda langsung menuju arah ke jalan Solo. Sesampaikanya di pertigaan prambanan arah piyungan. Belok ke kanan. Jika dari arah Solo anda harus belok kiri. Ikutan jalan kurang lebih selama 10 menit. Nanti di kiri jalan anda akan melihat pintu gerbang ke tempat wisata candi boko ini. Pintu masuknya tidak begitu besar. Jadi anda harus memastikannya dengan seksama. Jika menggunakan bus trans Yogja, Naiklah bus nomor 1A atau 1B. Nanti turun di halte Candi Prambanan. Nanti anda tinggal naik delman, ojek atau jalan kaki untuk menuju ke Candi Ratu Boko.

Jika anda mengambil tiket terusan dari Candi Prambanan. Anda akan langsung diantar oleh mobil wisatawan yang disediakan oleh pengelola Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Tips wisata ke Candi Ratu Boko adalah datang pada sore hari dan jangan datang pas musim liburan. Sehingga anda bisa melihat pemandangan matahari terbit dengan lebih nyaman dan indah. Pada malam hari anda bisa melihat pemandangan lampu kota Yogyakarta yang berkerlap-kerlip. Jadi ketika mengunjungi kota Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata istana Ratu Boko yang indah.

Penginapan di Kota Yogyakarta

Silahkan kunjungi link ini, jika ingin mendapatkan informasi mengenai tempat penginapan terbaik di Kota Yogyakarta.

tempat wisata istana ratu boko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.