Garden By The Bay Singapore

Garden By The Bay Singapura, Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Ketika Berada di Singapura

Ingin mencoba jalan-jalan ke luar negeri dengan low budget? Mungkin negara tetangga yaitu negara Singapore kita dapat jadi pilihan. Meskipun memiliki luas yang dapat dikatakan kecil, tapi ada banyak kawasan wisata keren disana yang dapat dikunjungi. Satu diantaranya adalah “Garden by the Bay Singapura”. Lokasi ini merupakan proyek pertamanan terbesar disana yang berada di tepian Marina Bay. Taman ini sangat memukau dan benar-benar cantik. Arsitekturnya sangat mengagumkan. Tidak heran bila lokasi ini mampu memegang 3 penghargaan dari dunia.

Apa Keistimewaan Garden By The Bay?

Lokasi wisata yang satu ini terbagi menjadi dua bagian yakni Bay South dan Bay East. Pengunjung akan menjumpai sebuah pohon unik yang menjulang ke angkasa hingga 16 lantai yaitu Super Tree. Selain dapat melihat keindahan alam dan kota Singapura dari ketinggian, pohon ini bukan sembarang pohon biasa. Pohon ini disebut juga sebagai pohon solar, karena bisa mengumpulkan air hujan dan mengumpulkan energi solar. Selain pohon solar tersebut, terdapat pula beberapa atraksi utama dari Garden by the Bay Singapura yakni Cloud  Forest, Flower Come, dan OCBC.

1. Cloud Forest

Melihat keindahan Cloud Forest pasti kalian tidak akan berhenti berdecak kagum melihat keindahannya. Begitu menginjakkan kaki disana, kalian akan disambut dengan air terjun buatan yang sangat indah. Lebihnya lagi pengunjung dapat memasuki kubah air terjun untuk melihat langsung kecantikan wahana yang bertema hutan tropis tersebut. Begitu memasukinya pengunjung benar-benar akan merasakan masuk ke sebuah hutan tropis yang tenang dan damai. Tapi persiapkan jaket dan pakaian exstra karena didalam kubah tersebut suhunya sangat dingin ditambah percikan air yang cukup deras.

Cloud Forest - Garden By the Bay

2. Flower Dome

Lokasi ini merupakan sebuah kubah konservasi yang memuat ribuan jenis bunga dari berbagai belahan dunia. Tampilannya juga tidak akan membosankan karena dekorasi di dalam kubah dome akan berubah-ubah sesuai event yang berlangsung. Seperti perayaan tahun baru, hari raya imlek dan berbagai hari besar lainnya. Di dalam dome juga sering berlangsung berbagai event menarik seperti event fotografi, pameran orchid dan lainnya. Untuk harga tiket masuk Garden by the bay Singapura di Cloud Forest dan Flower Dome cukup merogoh kocek sekitar 28 SGD.

Flower Dome - Garden By the Bay

3. OCBC Skyway

Ini merupakan jembatan yang menghubungkan beberapa Supertree yang ada disana. Adanya jembatan diketinggian membuat kita serasa berjalan diatas langit, sehingga diberikan nama skyway. Darisini selain dapat merasakan berjalan diatas langit, juga dapat menikmati Supertree lebih dekat dan keindahan kota Singapura dari ketinggian. Tiket masuk OCBC dijual terpisah dari dua konservasi tadi. Harga tike OCBC Skyway tidak mahal, hanya berkisar 8 SGD saja.

OCBC Skyway - Garden By the Bay

4. Super Tree

Inilah icon dari Garden by the Bay Singapura, sebetulnya ini merupakan media tanaman merambat yang dibangun dengan ketinggian antara 22 hingga 50 meter. Strukturnya terbuat dari rangka baja besi yang kokoh serta didesain anggun sehingga tanaman merambat tadi akan membentuk sebuah pohon raksasa indah. Menempati lahan seluas 101 hektar, setengah dari lahan dipenuhi dengan tanaman botanical yang menjadi bagian dari National Parks board’s Gardens by the bay Project. Selain flora lengkap dari berbagai penjuru dunia, ada pula flora langka serta flora yang termasuk dalam daftar konservasi.

Supertree Grove - Garden By the Bay

5. Taman Bermain Anak

Didekat lokasi tepatnya di Satay by the bay terdapat pula taman bermain anak bagi wisatawan yang membawa anak-anak. Dalam satu area ada berbagai permainan termasuk bermain basah-basahan diair mancur lumba lumba yang ada. Jadi persiapkan baju ganti bila ingin bermain disana ya.

Akses Menuju Lokasi Garden By The Bay Singapura

Rangkaian rumah kaca modern serta taman ditepi danau yang berisi pohon raksasa dengan sel surya tersebut beralamat di 18 Marina Gardenss Dr, Singapura. Cara menuju tempat wisata favorit Singapura ini juga sangat mudah, melalui jalur MRT Circle line or downtown line kalian turun di stasiun MRT Bayfront (CE1/DT16). Cara termudah dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju exit B dan ikuti terus jalan bawah tanah linkway keluar dan melalui Dragonfly Bridge atau Meadow Bridge ke Gardens by the bay.

Tidak perlu khawatir kesiangan atau kemalaman, pasalnya tempat wisata ini mulai buka dari jam 5 pagi hingga jam 2 pagi. Bahkan jalan-jalan akan lebih seru dimalam hari karena taman akan berhiaskan lampu-lampu cantik.

Tips Berlibur Ke Lokasi

  • Suhu udara yang terdapat di Cloud Forest dan Flower Dome lumayan dingin, jadi sangat penting membawa pakaian hangat. Percikan air dari air terjun buatan juga cukup deras.
  • Tiket Flower Dome dan Cloud Forest bisa dibeli ketika memasuki area Garden By th Bay sebelum Dragonfly Bridge
  • Tiket OCBC Skyway dapat dibeli di depan pintu masuk OCBC langsung.
  • Bila ingin menikmati makanan seafood atau makanan lain dengan harga lebih murah dapat pergi menuju Satay by the bay.

Agar liburan kalian ke Garden by the Bay Singapura semakin menyenangkan perhatikan tips-tips tadi ya. Tempat wisata ini menyajikan keanekaragaman flora yang ditata dengan cantik dan berpadu bersama kecanggihan teknologi modern. Tidak mengherankan bila kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung karena keindahan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Jadi, bila ingin melihat berbagai flora dari berbagai penjuru dunia dapat mengunjungi lokasi Garden By The Bay tersebut.

Share: