Menikmati Keindahan Dan Sejuknya Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens di Singapura adalah salah satu kawasan wisata dari negara tetangga kita yang sangat wajib untuk dikunjungi. Bahkan rasanya belum lengkap berkunjung ke Singapura jika belum mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Taman yang satu ini memang sangat unik, setelah bergabung dengan landmark ikonis seperti tembok besar Tiongkok dan Angkor Wat Kamboja, menyusul Botanic Gardenss yang dinobatkan sebagai situs Warisan Dunia yang telah disahkan oleh UNESCO. Fakta unik lainnya akan taman tersebut adalah masa berdirinya, dimana didirikan pada tahun 1859 oleh Agri-Horticultural Society. Apalagi keunikan dari taman tersebut?

Keindahan Singapore Botanic Gardens

Ingin menenangkan diri dan menghirup udara segar? Rasanya taman seluas kurang lebih 60 hektar ini dapat menjadi solusi terbaik. Situs UNESCO menyebutkan bahwa taman ini mencerminkan evolusi taman tropis kolonial ala Inggris serta menjadi wadah konservasi dan penelitian. Taman yang boleh juga disebut sebagai hutan kota berusia hampir 150 tahun ini akan mengajak kita mendekatkan diri pada alam serta beragam dunia flora. Suasana sejuk dan asri berdampingan dengan gagahnya beton Singapura jadi pemandangan cantik yang jarang terlihat.

Singapore Botanic Gardens

Tempat wisata populer di Singapura tersebut memiliki koleksi flora yang sangat beragam, bahkan hampir flora dari seluruh penjuru dunia ada disana. Selain dapat menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berolahraga, jogging, makan dipinggir danau angsa atau swan lake bersama sahabat atau keluarga, maupun sekedar mencari ketenangan dan udara segar. Tentu makan siang ditemani keluarga atau sahabat ditengah sejuknya udara dan hijaunya pepohonan akan menambah kenikmatan makan siang serta penyempurna liburan kalian.

Singapore Botanic Gardens

Keindahan lokasi ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pre-wedding. Salah satu hal yang jadi daya tarik dari kawasan taman tersebut adalah National Orchid Gardens atau Taman Anggrek Nasional. Khusus untuk taman anggrek ini luas yang disediakan berkisar 3 hektar. Uniknya lagi terdapat 700 jenis anggrek dari seluruh penjuru dunia dapat dilihat disini. Belum cukup sampai disini saja, terdapat 2.000 lebih jenis anggrek hibrida atau hasil persilangan dapat dinikmati hanya di Singapore Botanical Gardens.

Keluar dari pintu taman anggrek lihatlah disebelah kiri. Kita akan melihat sebuah konser mini ditengah danau kecil. Tempat ini disebut dengan Symphony Lake, jadi kita dapat menikmati keindahan taman diiringi musik. Catatan: konser mini tersebut tidak ada setiap hari hanya waktu-waktu tertentu saja. Setelah puas menikmati kecantikan anggrek pengujung kembali dibuat berdecak kagum akan keindahan Cool House. Yaitu sebuah rumah kaca besar yang berisi koleksi tanaman dari daerah pegunungan hutan tropis.

Symphony Lake Singapore Botanic Gardens

Terdapat sekitar 250 jenis pohon palem yang tumbuh dibagian taman Palm Valley tersebut. Terdapat pula rainforest seluas 6 hektar, Ginger Gardens 1 hektar. Ada juga restoran berkonsep alam yang memiliki air terjun buatan didalamnya. Lokasi ini juga sangat tepat bila berlibur bersama anak, kunjungi saja Jacob Ballas Children yang berada diujung utara taman tersebut. Jacob Ballas Children ini merupakan taman anak-anak pertama di Asia dimana anak dapat belajar mengenai tumbuhan, lengkap dengan berbagai wahana permainan.

Seperti Air Play, pohon rumah dengan perosotan, labirin hingga pameran interaktif. Pameran tersebut akan mengajarkan terjadinya fotosintesis, serta bagaimana tanaman dapat dipergunakan sebagai pembuat pewarna makanan dan minuman sebagai bahan pewarna makanan yang aman.

Singapura Botanic Gardens

Cara Menuju Singapore Botanic Gardens

Kawasan wisata tersebut berada di 1 Cluny Road. Dimana lokasi tersebut dapat dicapai dengan beberapa cara menuju Botanical Gardens Singapore, dapat menggunakan taxsi, bus umum maupun MRT. Jika ingin menuju lokasi menggunakan bus, dapat memilih bus yang melewati Holland Road atau Bukit Timah.

Pertama untuk bus menuju Holland Road dapat menggunakan bus SBS transit nomor 7, 105, 174, 123 dapat pula memilih SMRT 75, 77 dan 106. Setelah sampai pada tujuan, lanjutkan perjalanan menuju Bukit Timah, dapat naik bus SBS Transit Nomor 48, 66, 151, 154, 156, 170 dan SMRT 67 dan 171. Merasa kesulitan menggunakan bus atau ingin mencoba menaiki MRT? Jika menggunakan MRT anda dapat naik MRT yang bertujuan ke Botanic Gardenss MRT Station dengan kode stasiun CC19/DT9.

Taman ini akan buka pukul 5 pagi dan tutup hingga pukul 12 malam. Taman inilah menjadi satu-satunya taman didunia yang buka pada dini hari dan tutup pada tengah malam. Tetapi perlu menjadi perhatian jam buka untuk National Orchid Gardens hanya pukul 9 pagi hingga pukul 7 malam.

Singapore Botanic Gardens

Harga Tiket Singapore Botanic Gardens

Menjadi taman cantik, unik serta memiliki banyak sekali koleksi flora, pasti kamu beranggapan bahwa memasuki Singapore Botanical Gardens akan merogoh kocek cukup mahal. Tetapi anggapan ini salah! Nyatanya memasuki kawasan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis loh. Tiket hanya akan dikenakan di Taman Anggrek Nasional saja. Harga yang ditawarkan juga sangat murah. untuk Dewasa akan ditarik biaya 5 SGD, sedangkan pelajar dan orang tua diatas 60 tahun cukup membayar 1 SGD saja.

Tips Liburan Ke Singapore Botanic Gardens

Sebelum berlibur ke lokasi wisata tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar liburan semakin menyenangkan.

  • Tips liburan yang pertama perhatikan jam kunjung kalian. Usahakan sampai dilokasi pada pagi hari paling tidak jam 7. Atau sore hari berkisar jam 4, mengapa? Alasan utamanya adalah menghindari matahari yang terlalu menyengat pada siang hari. Kalau ingin berjalan-jalan disiang hari dapat membawa payung.
  • Karena perjalanan kalian mengelilingi taman ini sangat jauh, jadi pastikan untuk membawa alas kaki yang nyaman, membawa minum dan payung.
  • Bagi orang tua atau keluarga yang membawa anak-anak ikut serta berlibur disini, sangat disarankan membawa stroller.

Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanical Gardens menjadi lokasi wajib bila berada di Singapura. bukan sekedar melepas penat saja, tapi juga belajar mengenal keanekaragaman flora yang sangat banyak. jangan lupa sebelum meninggalkan lokasi, berkunjunglah ke The Botanical Gardenss Shop yang menjual buku tentang tanaman, lingkungan hingga souvenir.

Singapore Botanic Gardens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.