Batu Cave Malaysia

9 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Kuala Lumpur Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan objek wisata dengan bangunan-bangunan bergaya kolonial yang disebabkan oleh pengaruh budaya Eropa. Negara ini memiliki beberapa Kota besar yang menjadi tujuan wisatawan dari berbagai macam penjuru dunia. Kuala Lumpur selalu menjadi tujuan utama wisatawan dan merupakan kawasan perkotaan terbesar serta pusat ekonomi dan budaya di di Malaysia. Kuala Lumpur termasuk kedalam 7 New Wonders Cities pada tahun 2011 – 2014 oleh New7Wonders Foundation

Kota ini menarik perhatian para wisatawan, khususnya wisatawan Indonesia karena lokasinya yang dekat serta tempat wisata, lokasi kuliner, tempat belanja dan budayanya yang menarik. Berikut ini adalah Tempat-Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Malaysia .

9 Tempat Wisata Di Kuala Lumpur Malaysia

1. Twin Tower Petronas/Menara Kembar Petronas

Menara ini pernah menjadi menara tertinggi di dunia sejak dibangun pada tahun 1998 hingga tahun 2004 dengan ketinggian mencapai 452 meter. Terletak di pusat kota Kuala Lumpur, menara ini merupakan salah satu trademark kebanggaan masyarakat Malaysia. Apabila mengunjungi Malaysia tidaklah lengkap apabila anda tidak mengunjungi tempat wisata menara kembar ini. Menara kembar Petronas yang memiliki desain arsitektur dengan nuansa Islamic ini juga merupakan bangunan yang berfungsi sebagai bangunan kantor dan merupakan Kantor Pusat Petronas.

Twin Tower Petronas

Lokasi Menara Kembar Petronas Malaysia dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

2. Dataran Merdeka

Bagi para pelancong yang menyukai wisata sejarah, Dataran Merdeka merupakan lokasi yang tepat. Tempat ini juga menawarkan bangunan – bangunan bergaya Eropa dengan taman yang indah. Sesuai dengan namanya, Dataran Merdeka merupakan tempat dimana Bendera Federal Malaysia pertama kali dikibarkan yakni pada tanggal 31 Agustus 1957. Selain bangunan dan lapangan hijau, Dataran Merdeka juga menawarkan beberapa objek wisata yang dapat dinikmati secara gratis antara lain Museum Musik, spot berfoto, Masjid Jamek dan Katedral St. Mary the Virgin. Bagi wisatawan yang ingin menikmati sejarah kota ini, anda bisa mengunjungi KL Galeri Seni dengan membayar retribusi sebesar RM 5. Galeri ini menampilkan miniatur Kuala Lumpur jaman dulu dan sejarah-sejarahnya

Dataran Merdeka Malaysia

Lokasi Dataran Merdeka Malaysia dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

3. Batu Cave

Memiliki budaya yang beragam, Kuala Lumpur menawarkan berbagai jenis tempat wisata dari yang bernuansa modern hingga wisata rohani. Salah satu tempat wisata rohani adalah Batu Cave (Gua Batu), yang terletak di kawasan Gombar. Gua Batu merupakan tempat ibadah bagi masyarakat Hindu di kawasan tersebut. Untuk mencapai Gua Utama terdapat 272 anak tangga yang harus dilalui. Para wisatawan akan dibuat terpukau dengan pemandangan yang ditawarkan dengan hiasan patung yang dilapisi dengan emas. Patung Dewa Murugan yang terletak di Gua Batu merupakan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 42,7 meter.

Batu Cave Malaysia

Lokasi Batu Cave Malaysia dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

4. Menara Kuala Lumpur

Selain Menara Kembar Petronas, Menara Kuala Lumpur merupakan menara kebanggaan yang menjadi ciri khas Kota tersebut. Dibangun pada tahun 1994 menara ini termasuk kedalam daftar 18 menara tertinggi di dunia dengan ketinggian 421 meter dan memiliki lantai observasi dengan ketinggian 276 meter. Salah satu atraksi utama menara ini adalah restoran berputar dengan pemandangan seluas 360 derajat. Pengunjung juga dapat mengunjungi Sky Box untuk menikmati pemandangan Kuala Lumpur. Serta terdapat beberapa atraksi lain berupa Kebun Binatang Mini, Blue Coral Museum, XD Theater dan masih banyak lagi.

Menara Kuala Lumpur

Lokasi Menara Kuala Lumpur dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

5. Taman Tasik Perdana

Bosan dengan hiruk-pikuk kota, Taman Tasik Perdana dapat menjadi tujuan untuk menghilangkan kepenatan kota. Taman ini memiliki nuansa yang asri dan tenang. Taman dengan area seluas 104 hektar ini merupakan taman tertua dan taman yang paling terkenal di Malaysia. Dikenal juga dengan nama Lake Garden, Taman Tasik Perdana menawarkan berbagai macam aktivitas yang dapat dinikmati dari piknik, olahraga hingga taman bermain. Di Dalam taman ini terdapat sebuah memorial yang ditujukan untuk menghormati Tun Abdul Razak yang merupakan perwakilan Malaysia dalam Deklarasi Bangkok.

Taman Tasik Perdana

Pada memorial yang merupakan rumah resmi dari Tun Abdul Razak ini wisatawan dapat melihat semua koleksi barang miliki Tun Abdul Razak, koleksi buku dari perpustakaan pribadi, dan lukisan-lukisan Tun Abdul Razak. Dengan paduan sejarah, budaya, dan keindahan lokasi ini menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Kuala Lumpur.

Lokasi Taman Tasik Perdana Malaysia dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

6. Jalan Alor

Tempat ini dinobatkan sebagai pusat kulinari Kuala Lumpur dimana terdapat berbagai macam makanan baik internasional maupun makan tradisional. Berbeda dengan street food pada umumnya, penjual makanan di sepanjang jalan ini sebenarnya merupakan kedai-kedai permanen dan bukan kedai kaki lima, namun pengaturan tempat duduk yang diatur di tengah jalan sehingga para pembeli dapat membeli makanan dari berbagai kedai yang berbeda. Hal yang menarik dari jajanan pasar di Jalan Alor adalah makanan-makanan yang tidak dapat ditemukan ditempat lain. Dengan hiasan lampion yang indah disarankan mengunjungi lokasi ini pada malam hari. Menawarkan berbagai jenis masakan lezat yang beragam dengan harga terjangkau menyebabkan tempat ini menjadi tempat favorit para pecinta kuliner.

Durian Musang King Jalan Alor Malaysia

Durian Musang King dan lain-lain yang dijual di Jalan Alor

Lokasi Jalan Alor Kuala Lumpur Malaysia dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

7. Bukit Bintang

Bukit Bintang dikenal sebagai kawasan perbelanjaan dan kawasan hiburan di Kuala Lumpur. Dikenal sebagai kawasan elit dengan toko-toko retail ternama, lokasi ini wajib dikunjungi bagi para pecinta belanja. Namun bagi wisatawan yang tidak tertarik dengan belanja dan hiburan, tetap bisa menikmati kegiatan lain di kawasan ini. Malaysia Heritage Walk merupakan salah satu tempat yang dapat anda kunjungi. Lokasi yang sering disebuat sebagai Kasturi Walk ini merupakan pasar loak yang terletak di sepanjang jalan Kasturi. Pasar ini menjual berbagai macam barang lokal serta makanan-makanan tradisional. Selain Kasturi Walk anda dapat mengunjungi beberapa kuil yang terletak di dekat Bukit Bintang antara lain Kuil Chan See Shu Yuen yang merupakan kuil peninggalan Budha tertua dan terbesar yang masih berdiri sampai saat ini di Malaysia dan Kuil Sri Mahamariamman yang merupakan peninggalan Hindu dengan arsitektur unik dimana terdapat 228 patung yang diukir pada bagian depan kuil tersebut.

Bukit Bintang Kuala Lumpur Malaysia

Lokasi Bukit Bintang Malaysia dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

8. Jalan Petaling

Wisata tidaklah lengkap tanpa membawa pulang cenderamata. Jalan Petaling merupakan tempat yang tepat untuk mencari souvenir. Kawasan ini juga dikenal sebagai kawasan Chinatown di Kuala Lumpur. Sepanjang jalan ini terdapat berbagai macam jualan dari pakaian, pernak-pernik hingga makanan yang dapat anda beli dengan harga yang sangat terjangkau. Pembeli juga dapat melakukan tawar-menawar untuk mendapatkan harga terbaik. Selain menjadi kawasan perbelanjaan murah, lokasi ini juga menjadi tempat tujuan utama para backpackers karena di sepanjang jalan ini terdapat banyak hotel dan penginapan yang menawarkan harga terjangkau.

Lokasi Jalan Petaling Malaysia dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

9. Taman Kupu-Kupu dan Taman Burung

Taman Kupu-kupu sangatlah sesuai untuk dijadikan lokasi wisata bagi para pecinta alam. Memiliki nuansa hutan hujan dengan berbagai jenis kupu-kupu yang beterbangan menjadikan taman ini sebagai lokasi favorit untuk keluarga. Terdapat pula museum yang menampilkan berbagai macam koleksi kupu-kupu beserta jenis-jenisnya.

Selain taman kupu-kupu, wisatawan dapat mengunjungi taman burung yang terletak tidak jauh dari taman kupu-kupu. Tempat ini dihuni oleh ribuan burung baik jenis burung lokal maupun asing. Hal yang menarik dari taman ini adalah nuansa yang menyerupai alam terbuka, dimana semua burung bebas beterbangan dan tidak dikurung dalam sangkar. Wisatawan juga dapat mengunjungi ruangan inkubasi telur dan pemeliharaan anak burung untuk edukasi bagi pengunjung.

Itu dia tempat wisata di Kuala Lumpur, Malaysia yang dapat dijadikan referensi untuk liburan selanjutnya.

Penginapan Terbaik di Kuala Lumpur Malaysia

Kamu dapat melakukan pencarian penginapan terbaik di Kuala Lumpur Malaysia melalui booking.com dengan kotak pencarian di bawah ini.


Booking.com

Share: