Tempat Wisata Di Bali Selatan, Paradise-nya Pulau Bali

Tempat wisata di Bali Selatan tidak diragukan lagi menyembunyikan keindahan dan keelokan alam yang menyegarkan pikiran. Tidak hanya Pantai Kuta Bali saja yang menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh para turis namun masih banyak tempat yang memiliki keindahan yang menakjubkan di sekitar kawasan Pantai Kuta. Mulai dari yang menyuguhkan keindahan alamnya sampai yang bersifat edukatif semuanya tersaji di tempat-tempat wisata di sekitar kawasan Pantai Kuta.

Tempat Wisata Edukatif Di Bali Selatan yang Disuguhkan

1. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Tempat wisata yang satu ini memiliki daya tariknya sendiri yakni Patung Garuda Wisnu Kencana /GWK. Patung GWK ini merupakan patung raksasa karya seniman I Nyoman Nuarta yang mana pengerjaannya membutuhkan waktu 28 tahun dengan sekitar 1000 pekerja dan ijin pembangunannya pun didapatkan dari Presiden Soeharto pada tahun 1993. Patung yang berbentuk Batara Wisnu yang menunggangi Garuda ini telah dinobatkan sebagai patung tertinggi ke-3 di Dunia.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya GWK dibagi menjadi beberapa area yakni:

a. Wisnu Plaza : tempat tertinggi dimana patung GWK didirikan, terdapat mata air keramat yang tidak pernah kering.
b. Indraloka Garden : tempat untuk pesta perayaan kecil seperti upacara pernikahan.
c. Lotus Pond : tempat outdoor terbesar di GWK, digunakan untuk acara berskala internasional.
d. Amphitheatre : tempat berbagai pertunjukan dilaksanakan seperti tari-tarian khas Bali.
e. Tirta Agung : tempat diperuntukan mengadakan acara-acara tingkat menengah.
f. Street Theater : tempat dimana terdapat banyak toko-toko souvenir dan restoran untuk dikunjungi turis lokal maupun mancanegara.

Harga tiket masuk GWK sebesar 125 ribu Rupiah untuk dewasa dan 100 ribu Rupiah untuk anak-anak.

Lokasi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

2. Pura Luhur Uluwatu

Pura ini dulunya digunakan sebagai tempat pemujaan oleh Empu Kuturan dan diteruskan oleh Dang Hyang Nirartha yang ngeluhur di tempat tersebut, dari situlah dikenal dengan sebutan Pura Luhur Uluwatu. Pura ini terletak di atas batu karang yang menjorok ke laut dan berada di atas ketinggian 97 m yang berhadapan dengan hutan yang ditinggali oleh para kera. Hutan yang berada di depan pura ini dianggap sebagai sebagai penyangga kesucian pura. Selain terdapat Pura yang sakral, tempat ini juga memiliki daya tarik sendiri yakni digelarnya pertunjukan tari tradisional Bali seperti tari kecak. Selain itu, pemandangan sunset yang sangat indah menjadi daya tarik bagi para turis lokal maupun mancanegara.

Tempat Wisata Di Bali Selatan - Pura Luhur Uluwatu

Harga tiket masuk dewasa domestik untuk Pura Luhur Uluwatu sebesar 30 ribu Rupiah dan 50 ribu Rupiah untuk wisatawan asing. Sedangkan untuk harga tiket masuk Pura Luhur Uluwatu kategori anak-anak domestik sebesar 20 ribu Rupiah dan 30 ribu Rupiah untuk anak-anak wisatawan asing. Jika ingin menonton pertunjukan Tari Kecak, harga tiketnya sebesar 100 ribu Rupiah.

Lokasi Pura Luhur Uluwatu dapat dilihat pada peta lokasi google maps di bawah ini.

3. Pulau Penyu

Pulau penyu merupakan tempat penangkaran penyu hijau yang terletak di kawasan pantai Tanjung Benoa, untuk sampai kesana kita menggunakan perahu kecil atau glass bottom boat yakni perahu bermuatan 10 penumpang yang lantai perahunya terbuat dari kaca tembus pandang yang berfungsi untuk melihat kekayaan laut dibawahnya. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk wisata edukasi bagi anak-anak yang mana berada di tempat wisata di Bali Selatan.

Lokasi Pulau Penyu dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

Pantai Lain yang Tak Kalah Menakjubkan

1. Pantai Pandawa

Salah satu pantai yang terletak di kawasan Kuta bagian selatan yakni berada di daerah perbukitan, lokasinya yang tersembunyi membuat pantai ini dijuluki Pantai Rahasia. Pantai yang memiliki pasir putih dengan keindahan yang tak kalah dengan pantai Kuta ini menyediakan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan seperti berjemur, berenang, berkeliling pantai menggunakan Kano, Paralayang, dan melihat budidaya rumput laut. Selain itu, di pantai ini terdapat 5 patung pandawa yaitu Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula, dan Sadewa.

Pantai Pandawa Bali Selatan

Harga tiket masuk pantai Pandawa sebesar 8 ribu Rupiah untuk dewasa domestik.

Lokasi Pantai Pandawa Bali dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

2. Pantai Sanur

Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya sama seperti pantai Kuta, namun pantai ini tidak cocok dijadikan tempat surfing karena ombaknya yang tenang. Aktivitas air yang dapat dilakukan di pantai ini seperti snorkeling, kayaking, scuba diving, dan sea walker. Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan seperti bersepeda di jalur trotoar yang membentang dari ujung utara sampai ke selatan. Selain itu yang menjadi daya tarik bagi para turis untuk mengunjunginya ialah pemandangan sunrise yang menakjubkan mata.

Lokasi Pantai Sanur Bali dapat dilihat pada peta google maps di bawah ini

Alasan Sebutan Surga Bagi Pulau Bali Selatan

Sebutan surga wisata nampaknya cocok untuk Pulau Bali. Pulau Bali yang dulunya hanya tempat pelabuhan perdagangan berubah menjadi kawasan tempat wisata di Bali selatan yang dikenal oleh penjuru dunia, bahkan kepopulerannya telah mengalahkan nama Indonesia. Keindahan dan keelokan alamnya mampu menyedot para wisatawan untuk berbondong-bondong mengunjungi Pulau Bali, Pulau yang tak pernah mati akan keindahannya.

Pura Luhur Uluwatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.