Wisata Candi Borobudur Di Magelang Jawa Tengah

Indonesia negara yang memiliki keanekaragaman wisata. Dari wisata alam, budaya, kuliner sampai wisata sejarah. Candi Borobudur salah satu tempat wisata di Indonesia yang wajib anda kunjungi. Candi Borobudur pernah masuk ke dalam 7 keajaiban dunia dan merupakan komplek candi terbesar di Indonesia. Setiap harinya selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisata Candi Borobudur selalu popular di musim liburan. Terutama untuk anak sekolah yang ingin belajar mengenai sejarah Indonesia. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di Candi Borobudur. Seperti melihat matahari terbit, matahari terbenam, melihat candi, hunting foto dan masih banyak lainnya.

Pesona Keindahan Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki luas bangunan sekitar 123 x 123 meter persegi. Candi ini terdiri dari 10 tingkat. Setiap tingkat terdiri dari arca dan stupa. Jumlahnya ada 504 arca dan 72 stupa dari keseluruhan bangunan. Pada bagian atas terdapat stupa yang berukuran paling besar. Candi Borobudur di bangun dari balok-balok vulkanik yang disusun dengan rapi, tanpa menggunakan perekat sama sekali. Di setiap dinding Candi Borobudur di ukir relief-relief yang bercerita tentang kehidupan manusia pada saat itu. Di setiap tingkatan memiliki cerita yang berbeda-beda.

Relief paling bawah disebut sebagai kamadathu. Relief ini bercerita tentang sikap buruk manusia yang dipenuhi dengan nafsu dan membuat mereka masuk ke neraka. Relief bagian tengah disebut dengan rapadathu. Bagian ini bercerita tentang manusia yang telah terbebas dari berbagai hawa nafsu. Untuk relief yang paling atas disebut dengan arupadhatu. Tingkatan ini bercerita tentang manusia yang sudah mencapai tingkatan dewa atau tempat para dewa tinggal.

Candi Borobudur berdiri kokoh yang dikelilingi oleh pemandangan kota magelang yang indah. Hal ini seperti menjadi pesona sendiri dari Candi Borobudur. Apalagi ditambah dengan suasana langit sore yang indah. Di Candi Borobudur juga ada komplek museum karmawibhaga dan museum samudera raksa yang akan menambah wawasan anda mengenai sejarah Indonesia. Dari Candi Borobudur, anda juga bisa melihat pemandangan gunung merbabu, merapi, sindoro dan gunung sumbing.

Wisata Candi Borobudur 1

Wisata Candi Borobudur 3

Wisata Candi Borobudur 4

Sejarah Candi Borobudur

Masih banyak orang yang belum tahu tentang sejarah wisata Candi Borobudur. Menurut perkiraan Candi Borobudur pertama kali dibangun pada masa dinasti Syailendra. Dibangun sekitar abad ke-9 pada masa kejayaan raja samaratungga. Candi Borobudur di rancang oleh seorang arsitek yang bernama Gunadharma. Nama borobudur di ambil dari bahasa sansekerta yaitu vihara buddha Uhr yang artinya biara buddha di bukit. Pada waktu itu Candi Borobudur hanya digunakan untuk kegiatan keagamaan. Pada abad ke-15, candi mulai tinggalkan oleh masyarakat sekitar, karena mulai banyak yang menganut agama Islam.

Candi Borobudur juga pernah terlupakan karena terkubur abu vulkanik dari gunung merapi. Sampai akhirnya pada tahun 1814, seorang sejarahwan yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles, mengetahui lokasi Candi Borobudur yang terkubur abu vulkanik. Akhirnya Candi Borobudur mulai dilakukan pemugaran, dibersihkan dan dilakukan beberapa rekontruksi pada beberapa bagian. Proses rekontruksi ini dilakukan pada masa penjajahan Inggris. Kemudian dilanjutkan pada masa penjajahan Belanda dan baru selesai beberapa tahun setelah Indonesia merdeka. Walaupun sempat terabaikan, Candi Borobudur tetap berdiri kokoh.

Wisata Candi Borobudur 2

Wisata Candi Borobudur 5

Jam Buka Dan Harga Tiket Candi Borobudur

Buat anda yang ingin mengunjungi Candi Borobudur. Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai 5 sore. Harga tiketnya sangat terjangkau. Dewasa harga tiketnya Rp 30.000 untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing sebesar 15 USD. Untuk anak-anak harga tiketnya Rp 12.500 untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing sebesar 8 USD. Pengelola Candi Borobudur juga membuka paket wisata sunrise. Paket ini dibuka untuk melihat matahari terbit dari puncak Candi Borobudur. Harga paketnya mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk sewa hotel di sekitar Candi Borobudur.

Rute Menuju Candi Borobudur

Rute menuju ke Candi Borobudur sangat mudah, karena ada banyak sekali angkutan menuju ke tempat wisata ini. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda tinggal menuju arah ke kota Magelang, keluar dari kota Muntilan belok ke kiri menuju arah Candi Borobudur. Sekitar 5 km anda akan langsung sampai ke Candi Borobudur. Lebih mudah lagi menggunakan bus Trans Jogja apabila berangkat dari Yogyakarta. Anda bisa naik bis trans kode 2A atau 2B menuju ke terminal Jombor. Nanti naik bus jurusan Borobudur. Nanti anda akan turun di terminal Borobudur. Harga tiketnya sekitar Rp 20.000.

Penginapan Di Sekitar Candi Borobudur

Buat anda yang ingin menginap di sekitar Candi Borobudur. Ada banyak sekali penginapan yang bisa anda gunakan. Dari hotel mewah sampai penginapan murah pun anda. Ada beberapa hotel yang pemandanganya langsung menuju ke Candi Borobudur. Sebagian besar arsitektur hotel di sekitar Candi Borobudur memiliki desain rumah jawa yang alami.

Terkadang di Candi Borobudur diadakan beberapa event. Seperti pesta lampion, jazz musik, dan masih banyak lainnya. Jadi, sempatkan waktu anda untuk berkunjung ke Candi Borobudur di liburan kali ini. Nikmati liburan yang menyenangkan. Anda bisa melakukan booking penginapan jauh-jauh hari di agoda.com dan dapatkan penawaran yang murah. Anda bisa mencari penginapan sesuai keinginan. Sekian artikel mengenai wisata Candi Borobudur. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Wisata Candi Borobudur 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *