Mengenal Lebih Dekat Wisata Candi Sari di Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan tempat-tempat wisata yang menarik. Selain sebagai kota pelajar, kota yang satu ini memiliki keunikan sendiri dengan berbagai macam kebudayaan yang ditawarkan. Beberapa tempat wisata yang terkenal dengan budayanya yaitu Candi Sari. Candi Sari adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Dusun Bendan, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata Candi Sari ini berdekatan dengan Candi Kalasan yaitu sekitar 150 meter di sebelah timur lautnya. Menurut beberapa sumber menyatakan bahwa candi ini adalah pemugaran dari candi yang ditemukan rusak parah pada tahun 1929.

Sejarah Wisata Candi Sari

Menurut sejarah, candi ini dibangun pada abad ke-8 saat pemerintahan Raja Rakai Panangkaran. Tempat wisata ini sebanarnya masih berhubungan dengan Candi Kalasan yang tercantum pada prasasti Kalasan yang tertanggal 778 Masehi. Tempat ini dulunya dibangun untuk digunakan sebagai biara para bikshu. Tidak hanya itu, setiap pahatan yang terdapat pada candi ini menyimpan kisah yang berlatar belakang agama Budha yang ditampilkan dari komponen, interior, dan juga struktur dari bangunan Candi Sari.

Kelebihan dari Candi Sari dibanding dengan candi-candi lainnya yaitu pada ruangannya. Candi Sari memiliki 3 ruangan yang berjajar. Dari masing-masing ruangannya dihubungkan oleh pintu-pintu dan juga jendela-jendela sehingga candi ini terlihat lebih unik dan tampak seperti kastil batu yang lengkap dengan berbagai lubang jendela dan juga pintunya. Diperkirakan bahwa pada langit-langit atap candi ini dulunya terbuat dari kayu. Hal itu dibuktikan adanya lubang-lubang untuk menempatkan ujung balok.

Wisata Candi Sari

Untuk arsitektur dari wisata candi peninggalan Raja Rakai Panangkaran ini dibuat bertingkat dan dindingnya agak menonjol untuk melindungi candi bagian tengah. Sedangkan pada bagian dalam candi terdapat cekungan atau relung-relung yang ada pada candinya. Relung-relung tersebut dihiasi dengan arca Budha dengan pahatan-pahatannya. Sementara itu, pada bagian ambang pintu dan juga jendela terdapat sepasang arca laki-laki dan juga wanita yang memegang bunga teratai.

Wisata Candi Sari

Perlu kalian tahu bahwa Candi Sari memiliki 36 pahatan arca yang dibagi menjadi 12 buah arca yang berada pada sisi bagian barat, kemudian 8 buah berada di sisi bagian depan atau timur. Sisa pahatan arca tersebut berada di sisi utara dan juga selatan. Selain arca-arca tersebut, ada yang paling spesial dari Candi Sari yaitu arca yang mirip manusia burung yang orang Budha menyebutnya dengan Kinara Kinari, dan juga Sulura. Lalu ada pahatan bunga dan daun yang menjulur dari jambangan bulat yang disebut dengan Kumuda. Pahatan yang satu ini sangat unik jika diperhatikan dengan jelas. Selain itu juga ada Kalamakara Candi yang menjadi bagian dari Candi Sari. Kalamakara ini adalah hiasan dari dinding candi bagian utara dan juga selatan. Pahatan ini terletak tepat di bilik bawah dari candi tersebut.

Rute Candi Sari

Untuk menuju ke lokasi wisata Candi Sari yang terletak di Desa Bendan ini bisa menggunakan transportasi umum maupun mobil pribadi. Memang kebanyakan dari pengunjung candi ini merupakan rombongan yang berasal dari beberapa daerah sehingga tidak perlu mengetahui rute menuju ke lokasi. Akan tetapi bagi kalian para traveler sejati yang menggunakan kendaraan umum atau dengan kendaraan roda dua, kalian tidak perlu khawatir karena rute menuju ke lokasi sangat mudah dijangkau. Bagi yang menumpang transportasi umum bisa naik bus jurusan Yogya – Solo dari fly over Janti atau bisa juga dari terminal Giwangan. Bus dari terminal Giwangan ini melewati candi kalasan yang lokasinya berdekatan dengan Candi Sari. Setelah sampai di Candi Kalasan kalian bisa turun dan mencari ojek atau juga bisa berjalan untuk menuju Candi Sari. Candi Sari berjarak sekitar 3 Km dari Candi Kalasan.

Begitu pula bagi pengunjung Candi Sari yang menggunakan mobil pribadi yang dari kota Yogyakarta langsung menuju ke Candi Prambanan terlebih dahulu. Setelah itu, kalian bisa memperhatikan tanda menuju ke Candi Kalasan. Dari Candi Kalasan kemudian berbelok ke arah kiri atau utara dari Candi Kalasan. Lurus saja sampai menemukan Candi Sari sekitar 3 Km.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk masuk ke suatu tempat wisata pasti kita sering khawatir apakah tiket masuk tempat tersebut mahal atau tidak, khususnya para traveler yang biasanya memiliki budget yang sangat kecil karena sudah dipergunakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang terdekat dengan lokasi-lokasi wisata di Yogyakarta. Nah, bagi kalian yang tidak memiliki cukup budget, kalian tidak perlu kawatir untuk membayar tiket masuk dari Candi Sari. Tiket yang ditawarkan yaitu hanya Rp. 5000,- untuk orang dewasa. Sangat murah bukan?

Jam operasional dari Candi Sari yaitu dibuka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Bagi kalian yang datang lebih awal dari jam bukanya bisa menuju ke Candi Kalasan dulu. Kalian tidak perlu khawatir karena Candi Kalasan dengan Candi Sari memiliki jarak yang sangat dekat. Karena tempat wisata candi yang ada di Yogyakarta ini memiliki satu jalur yaitu Candi Prambanan, Candi Kalasan dan kemudian Candi Sari Biasanya wisatawan datang mengunjungi Candi Prambanan terlebih dahulu karena candi tersebut dibuka mulai pukul 6 pagi. Untuk jadwalnya, kalian tidak perlu khawatir karena Candi Sari dibuka setiap hari sehingga kalian bisa mengunjungi tempat wisata Candi Sari ini kapanpun.

Wisata Candi Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *