Bukit Timah Nature Reserve Singapore Dengan Keindahan Alam Yang Menyejukkan Mata

Di negara yang berpenduduk sekitar 5 juta jiwa, Singapura ini memang menjadi dambaan warga negara lain untuk segera mengunjungi negara yang satu ini. Walaupun terbilang kecil, negara ini sudah menjadi salah satu negara maju yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menggiurkan. Salah satu tempat wisata yang bisa dijadikan referensi yaitu Bukit Timah Nature Reserve. Tempat yang satu ini memiliki banyak sekali keistimewaan yang tidak bisa kita bayangkan ataupun kita dapatkan di negara lain. Tidak hanya itu saja, sebagai salah satu negara yang sudah maju dibandingkan dengan Indonesia, Singapore bisa memberikan fasilitas yang lengkap dan juga lingkungan yang sangat terjaga.

Seperti pembahasan diatas yang menyebutkan salah satu tempat wisata di Singapore yang bisa dijadikan referensi yaitu cagar alam di daerah Bukit Timah yang menjadi salah satu sorotan utama netizen tentang berbagai macam keindahan yang bisa di dapatkan oleh pengunjung. Tempat wisata yang merupakan salah satu cagar alam dengan luas 1,64 kilometer persegi ini merupakan salah satu tempat yang paling tinggi di Singapore. Cagar alam kota Singapura di Bukit Tinggi ini sangat dekat dengan Downtown care yang menjadi salah satu pusat bisnis yang ada di Singapura. Tidak hanya itu saja tempat ini juga masih sangat asri karena memang masih belum terjamah oleh siapapun. Hal ini dikarenakan tempat ini menjadi salah satu dari beberapa tempat wisata yang dilindungi oleh ASEAN sebagai taman yang paling besar yang pernah ada di Singapura.

Taman pada mulanya dibangun pada tahun 1883 yang kemudian mendapat pengawasan khusus dari pemerintah melalui Parks & Trees Act pada tahun 2005. Hal ini menjadikan salah satu tempat ini sebagai tempat wisata alam yang masih sangat asri dan juga cukup memberikan pemandangan yang menyejukkan mata kita. Bukit timah ini merupakan taman yang terbesar yang ada di seluruh daerah di Singapura bersamaan dengan Sungai Buloh Reserve. Taman yang dilindungi oleh pemerintah dan juga ASEAN menjadi salah satu sorotan publik yang patut untuk dikunjungi. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi ASEAN karena adanya taman ini bisa menjadi salah satu spektrum jantung ekosistem alami karena memang udaranya pun jauh dari polusi.

Bukit Timah Nature Reserve Singapore

Pada tahun 2011, Cagar Alam Bukit Timah Nature Reserve ini menjadi salah satu warisan budaya ASEAN yang diresmikan pada tanggal 18 Oktober saat itu. Bukit timah ini berhasil sebagai salah satu tapak perjalanan wisata yang baru untuk para pecinta alam. Alam yang masih sangat asri dengan berbagai macam tumbuhannya ini menjadikan warga Singapura lebih memperhatikan dengan baik tempat yang satu ini.

Bukit Timah Nature Reserve Singapore

Dari beberapa pengunjung yang pernah berkunjung ke tempat ini merasakan sensasi seperti Sir Stamford Raffles yang tiba ke Singapura dengan berbagai keindahan yang masih alami. Cagar alam ini memang merupakan salah satu hutan tropis terbesar dengan beberapa tempat yang dijadikan sebagai reservasi dan juga pengembangbiakan berbagai macam fauna. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga merupakan pusat dari ke empat waduk yang ada di Singapura yaitu MacRitchie Reservoir, Lower Peirce Reservoir, Upper Peirce Reservoir, dan juga Upper Seletar Reservoir. Fasilitas lain yang bisa di dapatkan oleh pengunjung yaitu pemandu yang akan menjelaskan berbagai macam informasi mengenai tempat ini dan juga beberapa aktivitas berfoto yang akan dipilihkan spot favorit.

Bukit Timah Nature Reserve Singapore

Kelebihan lainnya dari cagar alam Bukit Timah Nature Reserve yaitu pada flora dan juga fauna yang terdapat di dalamnya. Sebagai hutan tropis, cagar alam ini memang memiliki berbagai macam dan juga jenis flora maupun fauna. Bahkan dari beberapa penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa setidaknya terdapat sekitar 500 spesies fauna. Selain itu untuk flora sendiri ditemukan sekitar 840 flora seperti tumbuhan dan juga termasuk bunga. Untuk tumbuhan yang paling besar yang ada di daerah ini, kalian bisa melihat salah satu pohon yang sangat besar diantara yang lainnya yaitu Seraya yang memiliki nama latin Shorea curtisii. Selain itu, beberapa jenis buah tropis seperti durian juga terdapat beberapa yang unik yang diberikan nama ilmiah Neesia synandra.

Bukit Timah Nature Reserve Singapore

Jam operasional dan tiket masuk Bukit Timah Nature Reserve

Sebagai pengunjung yang berasal dari negara lain ataupun dari negara Singapura sendiri, biasanya tempat ini dibuka untuk pengunjung mulai pukul 6 pagi sampai pukul 7 malam sesuai dengan waktu bagian Singapura. Tidak hanya itu saja, untuk tiket masuknya memang tidak dikenakan biaya tetapi sebagai pengunjung yang baik maka akan lebih baik untuk mematuhi aturan yang ada serta tetap menjaga lingkungan.

Bukit Timah Nature Reserve Singapore

Rute menuju Bukit Timah Nature Reserve

Cagar alam di Bukit Timah ini memiliki jarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota. Untuk mencapainya maka perlu beberapa transportasi atau bagi yang suka berpetualang menggunakan transportasi umum akan sangat lebih baik. Jika naik dengan MRT, dapat menggunakan jurusan Downtown Line tujuan Beauty World MRT. Selanjutnya jalan kaki beberapa ratus meter mentuju Bukit TImah. Untuk menuju ke taman cagar alam ini pun bisa mobil pribadi.

Bukit Timah Nature Reserve Singapore

Bukit Timah Nature Reserve memang menjadi kawasan cagar alam yang banyak memiliki berbagai macam jenis flora dan juga fauna di dalamnya. Selain sebagai tempat perlindungan flora dan fauna, tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata yang dilindungi langsung oleh pemerintah Singapura bahkan menjadi warisan budaya ASEAN. Hal ini memberikan sedikit gambaran bahwa negara kecil seperti Singapura ini mampu menyita perhatian dari beberapa negara lain untuk menjadi contoh negara yang maju.

Cagar alam inilah yang menjadi salah satu bukit paling tinggi yang ada di daerah Singapura. Tercatat dari beberapa penelitian menyatakan bahwa cagar alam ini memang menjadi salah satu cagar alam yang memiliki flora dan juga fauna yang sangat beragam. Beberapa juga dikembang biakkan sehingga muncul spesies baru dan menjadi daftar list dari flora dan fauna yang ada di dunia. Disini, beberapa pengunjung bisa melakukan aktifitas seperti olahraga lari atau jogging dan lain-lain. Fasilitas lain juga diberikan kepada pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata ini.

Bukit Timah Nature Reserve Singapore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *