MacRitchie Nature Trail – Wisata Alam Di Negara Singapura

Ketika kita berkunjung atau sekedar melihat daerah di Singapura melalui situs di internet, pasti yang terlihat oleh kita adalah gedung-gedung yang tinggi yang tampak megah dengan segala kemewahan yang diberikan. Namun disisi lain, kita jarang sekali sedikit menilik beberapa sudut daerah di Singapura yang juga menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Gedung yang tampak kokoh tersebut diimbangi dengan beberapa tempat wisata yang sangat menarik karena keindahan alamnya. Walaupun negara Singapore hanya memiliki luas sekitar 7.191 km2 namun negara ini sangat kaya akan wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang bisa kita kunjungi yaitu MacRitchie Nature Trail. Tempat wisata di Singapura yang satu ini juga menjadi jantung Singapura yang masih sangat asri dan dirawat dengan sangat baik. Kita bisa menghabiskan waktu kita dengan berjalan-jalan didaerah taman ini sebagai salah satu tempat untuk menghilangkan penat. Bahkan beberapa wisatawan asing rela menyempatkan waktu mereka untuk berkunjung ke daerah ini karena memang lokasinya sangat asri sehingga cocok untuk menghilangkan penat sejenak.

Fasilitas dan Tempat lain yang bisa dikunjungi di MacRitchie Nature Trail

Singapura tidak hanya melulu dikenal dengan patung Merlionnya tetapi juga beberapa tempat lain yang menyuguhkan keindahan alam. Bahkan beberapa tempat wisata di Singapura tidak dikenakan biaya untuk pengunjungnya. Kalaupun ada biaya untuk tiket masuk biasanya dikenakan biaya yang sangat murah dan sangat terjangkau. Kembali ke taman di daerah Singapura yang banyak dikenal dengan taman MacRitchie Nature ini seringkali dijadikan tempat untuk jogging dan menikmati keindahan alamnya.

MacRitchie Nature Trail

Namun tidak semua orang mengetahui sejarah dibangunnya tempat ini. Pada mulanya, tempat wisata ini dibangun dengan bantuan sumbangan dari Tanm Kim Senga yang mana mendonasikan dana sekitar SGD 13,000 pada tahun 1867. Tidak hanya itu saja, taman hutan ini juga memiliki konsep bendungan pada beberapa wilayah yang pada saat itu Singapura memiliki banyak sekali daerah yang berair. Di kawasan hutan kota ini bendungan yang terdapat di dalamnya akhirnya diubah dan diperluas. Namanya pun sempat diubah menjadi Thomson Road Reservoir pada tahun 1907. Akan tetapi karena nama arsitektur dari bendungan tersebut bernama James MacRitchie maka nama beliau dijadikan nama tempat wisata yang sampai saat ini dikenal masyarakat Singapura.

MacRitchie Nature Trail

Dari satu lokasi yang berada di area MacRitchie Reservoir Park Singapura, kalian bisa berkunjung dengan merasakan asrinya hutan dan kemegahan alam yang ditampilkan negara Singapura. Taman ini dikemas dengan sangat apik yang mana jalur untuk menuju ke beberapa lokasi juga bisa dilalui dengan mudah untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Walaupun menjadi hutan yang ditumbuhi dengan berbagai macam tumbuhan yang beranekaragam, tempat ini memang benar-benar dirawat dengan baik. Bahkan kalian bisa berkunjung ke daerah seperti Bendungan MacRitchie yang menjadi bendungan utama, Lower Peirce Reservoir, Upper Peirce Reservoir and Upper Seletar Reservoir yang ada di sekitarnya.

MacRitchie Nature Trail

Di daerah ini juga disediakan beberapa area untuk jogging. Jalan setapak untuk melalui dan menikmati taman hutan Singapura MacRitchie Nature Trail ini memiliki jalan yang berkayu dan sangat nyaman. Selain itu, kita juga bisa menikmati keindahan alamnya dengan menapaki jalur jembatan yang menghubungkan antara Bukit Peirce dengan Bukit Kalang. Panjang jembatan ini sekitar 250 meter yang juga merupakan point tertingginya. Di sepanjang perjalanan, kalian akan mendapati pohon-pohon yang besar dan sangat rindang. Tempat ini bisa digunakan untuk beristirahat sejenak menikmati angin yang menyisipi disetiap sela pohon bersama keluarga dan orang terkasih. Selain itu, beberapa bagian hutan juga memiliki beberapa fasilitas lain yang bisa digunakan untuk fitness ataupun berpiknik. Kalian bisa menikmati keindahan dari air terjun untuk melepas dahaga. Sebagai pemberitahuan, air terjun ini bisa diminum langsung airnya untuk menghilangkan dahaga para pengunjung. Jadi tidak perlu kawatir apabila merasa haus di tengah perjalanan.

MacRitchie Nature Trail

Wisata lain yang bisa dikunjungi yaitu wisata sejarah yang bisa menambah wawasan kalian. Salah satu tempat wisata sejarah yang banyak dikunjungi oleh pengunjung terdapat pada makam Lim Bo Seng yang merupakan salah satu pahlawan di Singapura. Kalian bisa membaca penjelasannya langsung dari papan pengumuman yang disediakan untuk pengunjung.

Rute dan Jam buka MacRitchie Nature Trail

Untuk berkunjung ke tempat wisata pastinya kita harus mengetahui jadwal dan juga rute menuju ke lokasinya. Sebagai hutan kota, tempat ini bisa dikunjungi pada pukul 7 pagi dan ditutup kembali pada pukul 7 malam. Kalian bisa menikmatinya seharian penuh tanpa dipungut biaya untuk memasuki kawasan ini. Tidak hanya itu saja, rute menuju tempat ini juga sangat mudah dijangkau karena semua transportasi umum seperti MRT dan juga bis melalui tempat wisata ini. Kalian bisa melihat peta yang ada di sekitar halte yang biasa digunakan sebagai penunjuk jalan. Kalian tidak perlu kawatir apabila tersesat di tengah perjalanan.

MacRitchie Nature Trail

Itulah beberapa informasi mengenai tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di area MacRitchie Nature Trail. Sebagai hutan yang memang dijadikan tempat wisata ini kalian bisa menikmati keindahan yang tiada tandingannya di negara lain. Semua fasilitas tersedia disini sehingga pengunjung bisa nyaman saat berkunjung. Selain itu untuk mencapai tempat ini kita tidak perlu repot mencari guide karena tempat ini memiliki jalur yang mana hampir semua transportasi umum melewati lokasi ini. Kalian tidak akan kecewa saat berkunjung karena untuk memasuki tempat wisata ini kalian tidak perlu membayar. Dengan keindahan alam yang sangat asri dengan berbagai macam pohon yang berdiri tegak dan menjulang tinggi memberikan kita kenyamanan tersendiri saat berkunjung. Kita bisa melepas penat dari pekerjaan dan melepas sejenak rasa letih yang berjibun dan bertarung dengan waktu silih berganti. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan salah satu pengetahuan saat berkunjung ke negara Singapura.

MacRitchie Nature Trail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *