Chinese and Japanese Gardens Singapore: Budaya Tradisional di Tengah Hiruk Pikuk Kota

Merasa penat dengan pekerjaan yang menumpuk? Ingin pergi ke suatu tempat yang sepi untuk mendinginkan kepala? Keluar sebentar dari hiruk pikuk kota menjadi salah satu alternative. Ada sebuah tempat yang masih asri dan dijamin dapat menyejukkan pikiran dan jiwa Anda. Tempat ini adalah Chinese and Japanese Gardens Singapore. Seperti namanya, ini berupa taman bergaya Cina dan Jepang yang sangat enak dipandang dengan pemandangan yang hijau-hijau, sejuk , dan bersih. Jika kalian suka budaya Cina dan Jepang, tempat ini adalah representasi yang tepat untuk kedua kebudayaan tersebut.

Chinese Garden dan Japanese Garden dihubungkan oleh sebuah jembatan putih. Jembatan ini cukup besar, cantik, dan megah. Maka dari itu dinamakan Double Beauty Bridge karena kecantikannya itu. Di bawah jembatan ada danau yang terdapat banyak ikan yang menambah kesejukan pemandangan. Ini merupakan kegiatan menyenangkan di sela-sela waktu. Tempat ini cocok bagi kalian yang ingin menyegarkan pikiran atau mencari inspirasi.

Dibagi Menjadi Dua Tempat yaitu Chinese Garden dan Japanese Garden

1. Chinese Garden

Chinese and Japanese Gardens Singapore dibagi menjadi dua lokasi, yaitu Chinese Garden untuk budaya Cina dan Japanese Garden untuk budaya Jepang. Di pintu masuk Chinese Garden, kalian akan melihat sepasang patung singa yang menjaga pintunya. Patung singa ini sebagai representasi hewan mitos pelindung istana kuno Cina. Hewan mitos ini dipercaya memiliki kemampuan untuk melindungi. Luas taman Cina ini kurang lebih 13.5 hektar. Dengan taman seluas ini serasa budaya Cina kuno dipindah ke Singapura yang mana lengkap dengan jembatan batu, pagoda, dan rumah teh (tea house).

Chinese and Japanese Gardens Singapore

Bangunan ini didesain oleh arsitek Taiwan Prof. Yuen Chen Yu. Lalu dibangun pada tahun 1975. Jembatan Bai Hong Qiao mengikuti gaya 17 Arch Bridge di Summer Palace Beijing. Keindahan lain yang bisa dinikmati dari Chinese Garden ini adalah taman bonsainya berjumlah ratusan yang mana dikoleksi dari berbagai Negara seperti Cina, Taiwan, Jepang, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Malaysia. Menikmati keindahan taman bersama keluarga menjadi hal yang luar biasa karena ada Museum Live Turtle and Tortoise yang mana terdapat lebih dari 200 kura-kura dan tortoise dari lebih dari 60 macam spesies. Di Chinese Garden juga terdapat Pagoda berlantai 7 dengan struktur bangunan yang megah.

Chinese and Japanese Gardens Singapore

Kalian yang hobi fotografi bisa capture semua pemandangan ini dengan free alias gratis. Dijamin tidak akan menyesal, karena di sini banyak terdapat spot yang oke. Hasil foto kalian akan terlihat lebih hidup dan berkelas dengan semua seni bangunan dan keindahan danau maupun tanaman di sana. Adanya kehidupan ikan-ikan di danau membuat semuanya tampak lebih hidup.

Masih ada Garden of Abundance. Di tempat ini terdapat pohon delima dan 12 patung yang merepresentasikan zodiak Cina atau shio (Chinese Horoscope). Di bagian bawah patung ada keterangan shio dengan tahun kelahirannya. Jadi, kalian yang belum tahu shio apa, kalian bisa cari tahu di situ. Lebih menarik lagi karena ada sifat atau karakter dari masing-masing shio. Kira-kira bagaimana karakter kalian?

Chinese and Japanese Gardens Singapore

Belum puas dengan objek di atas? Tenang masih ada Twin Pagodas. Ada dua pagoda yang berjejer di pinggir danau, itulah Twin Pagodas. Suasana di sini sangat indah, apalagi saat sunset. Warna yang dihasilkan sangat cantik dan membuat pagoda tampak lebih menawan. Cocok untuk membuat karya film romantis. Juga pastinya yang ingin foto-foto dengan kekasih, keluarga, maupun sahabat, dapatkan view terbaik kalian di sini.

2. Japanese Garden

Selanjutnya, satu bagian lain dari Chinese and Japanese Gardens Singapore adalah Japanese Garden. Tak kalah dengan keindahan Chinese Garden yang memiliki kekuatan visual, Japanese Garden ini lebih pada kekuatan relaksasinya yang bikin jiwa dan pikiran tenang. Bagi kalian yang ingin mencari udara segar, mencari inspirasi, menenangkan jiwa, di sinilah tempat yang cocok. Nikmati keasrian berbagai jenis kehidupan ikan koi dan berbagai tumbuhan di sana. Kalian bisa memberi makan ikan atau sekedar melihat-lihat danau di atas jembatan melengkung berwarna merah.

Chinese and Japanese Gardens Singapore

Di Japanese Garden terdapat jembatan melengkung, rumah tradisional, lentera batu, dan kolam yang penuh bunga lotus dan ikan koi. Japanese Garden dibuat sesuai dengan budaya Jepang baik dari segi arsitektur maupun filosofinya. Tempat ini cocok untuk relaksasi dan meditasi. Sejenak menjauh dari keramaian dan kesibukan kota, untuk menenangkan pikiran sejenak agar mood menjadi lebih baik. Dengan begitu, saat kembali ke pekerjaan maupun kesibukan kita, kita dapat bekerja lebih maksimal.

Rute Menuju Chinese and Japanese Gardens Singapore

Chinese Garden Singapore buka setiap hari (daily) pukul 06.00 sampai 23.00, sedangkan Japanese Garden Singapore buka pukul 05.30 sampai 19.00 setiap hari. Cara menuju Chinese and Japanese Gardens Singapore paling mudah adalah naik MRT jalur hijau (East West Line), lalu turun di Stasiun Chinese Garden. Setelah itu jalan saja lewat jalur di depannya yang menuju Gerbang Chinese Garden. Lebih baik ke sini di saat weekend karena tempat ini jauh dari pusat kota. Kedua lokasi estetis dan penuh filosofi kehidupan ini dapat dinikmati secara gratis alias free.

Chinese and Japanese Gardens Singapore

Jika kalian menyukai bangunan-bangunan warna warni, museum, dan patung-patung, Chinese Garden menjadi tempat yang tepat. Namun jika kalian menginginkan tempat yang damai dan sepi, Japanese Garden lah tempatnya. Japanese Garden karena tempatnya cocok untuk relaksasi, introspeksi diri, dan menyegarkan pikiran. Bagi kalian pecinta alam, tempat asri ini sangat tepat untuk dikunjungi. Bagi kalian penyuka sejarah atau kebudayaan, apalagi yang berkaitan dengan budaya tradisional Cina, maka Chinese Garden lah tempatnya.

Yang jelas, Chinese and Japanese Gardens Singapore memperlihatkan budaya oriental Asia yang menjadi pusat budaya Asia yang sangat popular. Saran saja, kalian yang rencana liburan ke Singapura lebih baik menjadwal untuk pergi ke lokasi ini dari awal. Berdasarkan pengalaman orang-orang, mereka rata-rata lupa pergi ke tempat yang sangat menarik ini, mungkin karena agak jauh dari pusat kota dan mungkin karena Singapura sangat ikonik dengan patung Merlion Singapura atau Marina Bay Sands nya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari, karena tempat seperti ini hanya ada di Singapura dari seluruh Asia Tenggara.

Chinese and Japanese Gardens Singapore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *