Pengobatan Gagal Ginjal

Penyakit ginjal adalah penyakit yang cukup keras dan bisa sampai mematikan. Hal ini dikarenakan ginjal memiliki fungsi penting dalam metabolism tubuh. Sehingga ketika ginjal rusak maka tubuh pun akan mengalami metabolism yang buruk. Maka dari itu, ketika anda sudah tidak dapat mengatasi penyakit ginjal, sebaiknya anda segera melakukan pengobatan untuk penyembuhan ginjal. Ada pun pengobatan untuk gangguan ginjal seperti gagal ginjal itu berbeda – beda. Tergantung dari tingkat keparahan dan juga penyebab gagal ginjal.

Pengobatan gagal ginjal

Sumber gambar: https://pixabay.com/en/kidney-anatomy-human-man-organ-147499/

Jika gagal ginjal disebabkan oleh hipertensi maka yang harus dilakukan adalah dengan menurunkan tingkat darah tingginya atau dengan melakukan pengobatan untuk penurun kadar darah. Sedangkan jika gagal ginjal disebabkan oleh diabetes maka harus melakukan pengobatan dengan penurunan kadar gula dalam darah. Begitu pun jika gagal ginjal yang disebabkan oleh gangguan fungsi hati maka harus dilakukan pengobatan pada hati.

Jika gagal ginjal yang terjadi sudah semakin parah atau akut, maka pengobatannya hanya ada dua pilihan saja, yakni dialysis atau pencucian darah atau transplantasi ginjal. Tentunya pilihan yang terkahir ini cukup mengurang dompet dalam – dalam, karena biayanya tidak murah. Maka dari itu sebaiknya anda menjaga kesehatan dengan mencegah atau menjaga diri dari penyebab gagal ginjal. Hal itu dapat dilakukan dengan pola hidup sehat, misalnya dengan makan makanan yang sehat, rajin berolahraga secara teratur, dan mungkin perlu melakukan kegiatan traveling untuk menyegarkan pikiran. Dengan begitu maka ginjal anda akan tetap sehat dan anda tidak perlu melakukan rangkaian pengobatan di atas.

Pengobatan gagal ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *